Iklan dempo dalam berita

Lebih dari Zina, Ini Dosa Besar yang Terus Mengalir Walaupun Sudah Meninggal Dunia

Lebih dari Zina, Ini Dosa Besar yang Terus Mengalir Walaupun Sudah Meninggal Dunia

Lebih dari Zina, Ini Dosa Besar yang Terus Mengalir Walaupun Sudah Meninggal Dunia--

Artinya: "Di antara manusia ada yang menjadikan (sesuatu) selain Allah sebagai tandingan-tandingan (bagi-Nya) yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat kuat cinta mereka kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat keras azab-Nya, (niscaya mereka menyesal)." (QS Al-Baqarah: 165)

 

2. Syirik Kecil

 

Syirik kecil ini merupakan perbuatan syirik yang tidak sampai mengeluarkan pelakunya dari Islam. Namun, syirik kecil ini dapat menjadi jalan menuju kepada syirik besar. Oleh karena itu, syirik kecil pun wajib untuk dijauhi.

 

Ada dua macam syirik kecil yang harus diwaspadai dan dijauhi, yakni syirik nyata dan syirik tersembunyi. Syirik nyata merupakan syirik kecil dalam bentuk ucapan perbuatan. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda:

 

"Barang siapa bersumpah dengan nama selain Allah SWT, maka ia telah berbuat kufur atau syirik." (HR Tirmidzi dan Ahmad)

 

Sementara itu, yang termasuk ke dalam syirik tersembunyi ialah syirik yang berbentuk niat dan keinginan. Misalnya saja riya' (memamerkan ibadah agar dipuji), sum'ah (menceritakan kebaikan diri sendiri supaya dipuji).

 

Allah SWT telah berfirman: Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu. (QS An-Nisa: 48), hingga akhir ayat. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga. (QS Al-Maidah: 72).

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: