Iklan dempo dalam berita

Kenali Seperti Ini Tanda-tanda Sebelum Serangan Jantung, Salah Satunya Kaki Bengkak

Kenali Seperti Ini Tanda-tanda Sebelum Serangan Jantung, Salah Satunya Kaki Bengkak

tanda-tanda sebelum serangan jantung--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Jantung merupakan salah satu penyakit yang paling memastikan. Selain itu cukup sering juga terjadi kasus serangan jantung yang mengakibatkan kematian. 

Seperti diketahui penyakit jantung bisa menghantui siapa saja tanpa memandang usia dan gender. Sebab kini tak menutup mata, penyakit jantung juga banyak dialami oleh orang-orang berusia relatif muda. Penyakit ini kerap dipandang mengerikan lantaran sering datang tanpa aba-aba gejala lebih dulu.

BACA JUGA:Kendala Verifikasi Email Mitra Statistik 2024 Tidak Muncul, Ini Solusinya

Sudah banyak yang sering mendengar, nyeri dada hebat adalah indikator serangan jantung, umumnya dibarengi rasa sesak di dada. Namun di samping itu, ada juga sejumlah tanpa masalah jantung yang tidak kentara lantaran tidak memicu nyeri pada dada sama sekali.

Berikut beberapa tanda masalah jantung selain nyeri pada dada yang perlu diwaspadai:

1. Nyeri di perut

"Jika mengalami nyeri dada yang hebat bahkan ketika Anda hanya duduk-duduk tanpa melakukan apa pun dan Anda juga merasa mual, inilah saatnya untuk memanggil ambulans," ungkap Profesor David Newby dari British Heart Foundation.

Menurutnya, pada beberapa kasus, gejala masalah jantung bisa jadi mirip dengan gangguan pencernaan. Misalnya, berupa sensasi terbakar di dada atau perut, dibarengi sensasi tercekik dan sesak di tenggorokan.

BACA JUGA:Mitra Statistik BPS 2024, Pahami Tugas Mitra Pendataan dan Pengolahan BPS untuk Kegiatan Sensus dan Survei

2. Rasa tidak nyaman pada rahang, punggung atau perut

Lebih lanjut menurut Profesor Newby, serangan jantung dapat menyebabkan rasa sakit menyebar ke area lain seperti rahang atau punggung. Pada banyak kasus, rasa sakit ini juga menyebar ke leher, lengan, dan perut di satu sisi.

3. Kaki dan pergelangan kaki bengkak

Profesor Newby menegaskan, gejala satu ini tak boleh diabaikan, terutama jika bengkak di pergelangan kaki terlihat sangat besar. Pembengkakan di area kaki ini bisa jadi disebabkan oleh penyakit arteri perifer yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah yang membawa darah ke jantung.

4. Merasa pusing atau pingsan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: