Katanya Selama 40 Hari Setelah Kematian, Roh Seseorang Masih Tinggal di Rumah, Begini Penjelasannya

Jumat 10-11-2023,20:25 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

Adapun roh yang buruk dari hamba yang tidak saleh, setelah dicabut ruhnya lalu ia dibalut dengan kain kafan dan diberi wewangian dari neraka sehingga keluar darinya bau yang sangat busuk dan sangat tidak disukai malaikat.

Para malaikat yang di langit melaknatnya ketika ia dicabut, pintu-pintu langit ditutup tidak dibuka untuknya, setiap malaikat berdoa agar rohnya tidak naik ke arah mereka.

Malaikat dan roh tadi melewati sekelompok malaikat yang bertanya roh siapa yang sangat bau busuk ini?

Malaikat pembawa ruh menjawab Fulan bin Fulan dengan nama terburuk yang digunakan di dunia.

Malaikat penjaga pintu tetap tidak membukakan pintu langit. Dalam Al-Quran Allah SWT berfirman:

اِنَّ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا وَاسْتَكْبَرُوْا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ اَبْوَابُ السَّمَاۤءِ وَلَا يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ حَتّٰى يَلِجَ الْجَمَلُ فِيْ سَمِّ الْخِيَاطِ ۗ

(Innallażīna każżabụ bi`āyātinā wastakbarụ 'an-hā lā tufattaḥu lahum abwābus-samā`i wa lā yadkhulụnal-jannata ḥattā yalijal-jamalu fī sammil-khiyāṭ…)

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya.

BACA JUGA:Info dari Tetangga, Bayar Tagihan Lazada PayLater di Indomaret Cuma 5 Menit, Cobain Sendiri

Sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga onta masuk ke lubang jarum.” (QS Al-A’raf: 40).

Tahlilan 40 Hari setelah Meninggal

Tahlilan menjadi bagian yang lekat dengan umat muslim di Indonesia. Biasanya tahlilan dilakukan di hari-hari tertentu, seperti 3, 7, hingga 40 hari setelah meninggal.

Hal ini masih ada hubungannya dengan kepercayaan kalau selama 40 hari setelah meninggal, roh dari orang yang meninggal masih ada di dunia.

Tapi sebenarnya, tahlilan bisa dikatakan sebagai tradisi budaya lokal dengan ajaran Islam. Jadi hal ini sah-sah saja dilakukan.

Tahlilan akan dijalankan dengan mengundang orang-orang terdekat, mulai dari keluarga, tetangga, hingga kenalan untuk berkumpul di rumah orang yang sudah meninggal.

Mereka nantinya akan membacakan zikir dan doa-doa tertentu yang ditujukan untuk orang yang sudah meninggal.

Kategori :