Rindu dengan Nabi Muhammad SAW, Begini Catatan Singkat Perjalanan Sang Kekasih Allah SWT

Selasa 28-11-2023,20:09 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Abdul Muththalib adalah tetua yang berpengaruh di kalangan bangsa Quraisy. Semua urusan yang terjadi di Kota Makkah akan dikembalikan padanya, sebagaimana diceritakan dalam Kelengkapan Tarikh Nabi Muhammad karya Moenawar Chalil.

4. Wafatnya kakek Nabi Muhammad SAW 

Menurut buku Sejarah Terlengkap Nabi Muhammad SAW karya Abdurrahman bin Abdul Karim, Nabi Muhammad berada dalam asuhan kakeknya hingga menjelang usia 9 tahun kemudian kakeknya wafat. Abdul Muththalib saat itu sudah berusia 80 tahun. Abdul Muththalib adalah tetua yang berpengaruh di kalangan bangsa Quraisy.

BACA JUGA:Cara Daftar Masuk SMA Taruna Nusantara, Lengkapi Persyaratan Berikut Ini

5. Nabi Muhammad SAW ikut pamannya berdagang ke Syam

Setelah kakeknya meninggal, Nabi Muhammad dirawat oleh pamannya yang bernama Abu Thalib. Saat berumur 12 tahun, Nabi Muhammad pertama kali belajar berdagang atau berwirausaha. Ia diajak pamannya Abu Thalib untuk ikut dalam rombongan dagang ke Syam (saat ini Suriah)

6. Nabi Muhammad SAW menikah usia 25 tahun

Khadijah binti Khuwailid Radhiyallahu 'Anha merupakan istri Nabi Muhammad SAW yang pertama. Ia diperistri oleh Nabi Muhammad SAW pada usia 40 tahun, sedangkan Rasulullah berusia 25 tahun

BACA JUGA:Jangan Terlewatkan, BUMN PT ASDP Indonesia Ferry Buka Peluang Kerja, Pendidikan SMA Daftar Cepat

7. Nabi Muhammad menerima wahyu berusia 40 tahun

Nabi Muhammad SAW pertama kali menerima wahyu dari Allah SWT pada 17 Ramadhan 610 Masehi atau saat malam Nuzulul Quran. Kala itu Rasulullah SAW sedang beribadah di gua yang terletak 5 KM dari Mekkah yang bernama Gua Hira.

8. Rasulullah SAW berdakwah sembunyi- sembunyi

Nabi Muhammad melakukan dakwah secara diam-diam di rumah Al-Arqam bin Arqam karena rumahnya berada di dekat bukit Shafa dan merupakan tempat berkumpulnya banyak orang, sehingga tidak dicurigai oleh siapa pun yang datang ke rumah Arqam, bahwa ada pertemuan di sana.

9. Nabi Muhammad SAW meninggal dunia

Nabi Muhammad SAW mengalami sakit selama beberapa hari. Pekan terakhir masa sakitnya beliau memutuskan untuk pindah ke rumah istri kesayangannya, yaitu Sayyidah Aisyah Radhiyallahu 'Anha.

BACA JUGA:Sasar Market Content Creator dan Gamers Pro, ASUS Rilis Laptop Zephyrus M16 dan G16

Kategori :