7 Mitos dan Fakta Kesimpangsiuran Mitos Tanda Tangan Digital di Tengah Masyarakat

Selasa 12-12-2023,19:43 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Dari poin tersebut maka dapat disimpulkan tidak semua dokumen dapat menggunakan tanda tangan digital. Terlebih lagi jika tidak bekerjasama dengan penyedia layanan tanda tangan digital yang telah tersertifikasi dan terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika.

BACA JUGA:9 Fakta Menarik Anak Keempat dalam Keluarga, Punya Kepribadian Menyenangkan dan Penyayang

6. Tanda Tangan Digital sebagai Tren Belaka

Era internet membuat banyak teknologi baru bermunculan. Namun, tidak sedikit pula teknologi yang setelah sempat menjadi tren, teknologi tersebut berhenti dan seolah menghilang. Sebagian orang juga beranggapan bahwa tanda tangan digital akan mengalami hal serupa.

Mitos ini sepertinya kurang tepat. Sebab, tanda tangan digital bukanlah sebuah tren teknologi melainkan sebuah lompatan di masa mendatang untuk mendapatkan kepastian tanda tangan yang aman, nyaman, praktis, dan efisien.

BACA JUGA:Khodam Macan Putih Dipercaya Lindungi 3 Weton Ini, Punya Kepribadian Tegas dan Berani

Tanda tangan digital merupakan perubahan dari penerapan tanda tangan konvensional yang telah diterapkan selama berabad-abad oleh manusia.

 Saat ini saja, lebih dari 60 negara di dunia sudah memiliki ketentuan hukum yang tetap mengenai penggunaan tanda tangan digital. Penggunaan di berbagai instansi dan perusahaan dirasa sangat membantu masyarakat dan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan terbaik.

BACA JUGA:Wajah Bulat Pertanda Setia, Berikut Membaca Kepribadian Seseorang Berdasarkan Bentuk Wajah

Tidak hanya itu, tanda tangan digital juga memiliki dampak positif terhadap kelestarian lingkungan. Yakni mengurangi penggunaan kertas dalam jumlah besar. Di mana semakin banyak kertas yang digunakan, maka semakin tinggi deforestasi terjadi. Jadi, tanda tangan digital bukan hanya tren semata, karena tanda tangan digital terbukti telah menggantikan kebiasaan lama yang tidak aman, dan menjadi solusi bagi masalah global.

7. Pengoperasian dan Manajemen Tanda Tangan Digital Tidak Mudah

Bagi kalangan pemula, menggunakan tanda tangan digital lebih dari satu dalam sebuah kontrak dokumen mungkin akan terdengar menyusahkan.

Ini juga membutuhkan waktu lebih untuk memeriksa satu per satu tanda tangan yang ada oleh penandatangan yang berbeda-beda. Kenyataannya, tidaklah demikian. Sebab, tanda tangan digital sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan ketika dikelola.

Saat ini, penyedia layanan tanda tangan digital menyediakan banyak fasilitas dan fitur terbaiknya kepada masyarakat. Termasuk fasilitas berbagi dokumen untuk penandatangan yang berbeda-beda dalam satu waktu yang sama meski berbeda tempat secara real time. Kemudian, data yang ada akan disimpan secara otomatis.

BACA JUGA:Semangat, 121 Peserta Calon Seleksi Paskibraka Seluma Jalani Tes Kepribadian

Anda pun bisa melacak kembali dokumen yang telah ditandatangani tersebut dengan menggunakan kode khusus. Dengan begitu, proses manajemen tanda tangan digital lebih ringkas dan Anda bisa segera menemukan kembali ketika diperlukan sewaktu-waktu. 

Kategori :