El Nino Sebentar Lagi Berganti La Nina, Ini Wilayah yang Terdampak La Nina

Minggu 26-05-2024,12:14 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

Wilayah yang Terdampak La Nina

Sebelumnya, Peneliti Ahli Utama Pusat Riset Iklim dan Atmosfer Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Erma Yulihastin, waspada La Nina telah dinyatakan resmi oleh Biro Meteorilogi Australia (Bureau of Meteorology Australia/ BoM).

"La Nina sudah official ditetapkan oleh BoM Australia bulan ini. Pengaruh atau La Nina berdasarkan data kami hanya terjadi di sebagian Sumatra dan Kalimantan berupa kemarau basah. Kalimantan bagian tengah dan timur alami kemarau basah," kata Erma, Rabu (15/5).

"Sementara untuk Jawa, selama Mei-September sebagian besar mengalami musim kemarau yang normal dan cenderung minim hujan," imbuhnya.

BACA JUGA:Jampidsus Dikuntit, Ketum KB Purna Adhyaksa Angkat Bicara

Perlu digarisbawahi, sebenarnya fenomena La Nina tidak terjadi di Indonesia. Fenomena ini terjadi di Samudra Pasifik. Namun, dampaknya bisa dirasakan di seluruh wilayah Indonesia, terutama Indonesia bagian timur.

Fenomena La Nina akan berimbas terhadap cuaca Indonesia, berikut dampaknya:

1. Peningkatan curah hujan

La Nina memiliki dampak yang bersifat global, yaitu peningkatan curah hujan di wilayah Pasifik barat. Pada Juni-Juli-Agustus, La Nina diperkirakan akan menyebabkan peningkatan curah hujan mencapai 20-40 persen di wilayan Indonesia. Beberapa lokasi bahkan dapat mengalami peningkatan curah hujan hingga lebih dari 50 persen.

BACA JUGA:Terbukti Cuan, Yuk Coba 7 Cara Menghasilkan Uang dari Aplikasi Telegram Berikut Ini

2. Cuaca ekstrem Fenomena
La Nina juga menyebabkan terjadinya cuaca ekstrem di Indonesia. Bencana hidrometeorologi, seperti banjir dan longsor, patut diwaspadai akibat fenomena ini.

3. Perubahan suhu Bumi
La Nina umumnya akan memberikan efek pendinginan suhu Bumi secara global. Suhu udara menjadi rendah di siang hari Meskipun begitu, dampak La Nina berupa perubahan suhu Bumi ini bisa berbeda-beda di setiap wilayah di dunia.

Sangat penting melakukan antisipasi terhadap fenomena La Nina karena besarnya potensi kerugian ketika bencana La Nina melanda.

Kerugian akibat bencana La Nina bukan hanya kerusakan material berupa mesin, stok dan bangunan saja, bisa jadi berdampak lebih luas bahkan berbuntut pada kehilangan pangsa pasar maupun keuntungan.

BACA JUGA:Tabrakan Antar Motor Sport di Jalan Basuki Rahmat, Tiga Orang Dilarikan ke RS

Beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk menghadapi fenomena La Nina adalah:

1. Memahami topografi lokasi perusahaan atau properti
Apabila perusahaan atau properti berada di daerah rawan banjir dan memiliki potensi tanah longsor, maka harus mengantisipasi bencana tersebut.

Kategori :