Sering Diabaikan, Siapa yang Menetapkan 1 Minggu 7 Hari dan 1 Hari 24 Jam?

Jumat 31-05-2024,13:52 WIB
Reporter : Septi Widiyarti
Editor : Purnama Sakti

Warisan inovatif mereka dalam astronomi dan pengukuran waktu tidak hanya memengaruhi peradaban Mesir, tetapi juga memberikan kontribusi penting dalam evolusi global sistem waktu yang kita gunakan hingga saat ini.

Pembagian Waktu 1 Jam 60 Menit 

Pengaruh besar bangsa Babilonia terhadap pembagian waktu tak terbantahkan, mengenalkan sistem sexagesimal yang melibatkan angka 60. 

Mereka memilih 60 sebagai dasar perhitungan waktu, menciptakan struktur jam 60 menit dan semenit 60 detik yang kita kenal hari ini. 

BACA JUGA:Kualitas Jawara! Ini 5 Hp Samsung Harga Termurah dengan NFC dan Fitur Unggulan

Kepraktisan angka 60 menjadi kunci keberhasilan sistem ini, karena angka ini merupakan bilangan terkecil yang dapat dibagi oleh enam, membantu menghasilkan pecahan waktu yang mudah dihitung.

Pilihan bangsa Babilonia untuk menggunakan angka 60 tidak hanya terkait dengan kepraktisan, tetapi juga dengan sifat unik angka tersebut. 

Dengan rentang angka pertama dari 1 hingga 6, sistem sexagesimal memudahkan konsep pembagian waktu menjadi pecahan yang mudah diingat dan dihitung. 

Contohnya, pembagian waktu seperti 1/2 jam menjadi 30 menit, 1/3 jam menjadi 20 menit, dan 1/4 jam menjadi 15 menit dapat dengan cepat dan efisien dihitung.

Angka 60 juga menonjol karena fleksibilitasnya sebagai bilangan yang dapat dibagi oleh berbagai angka, termasuk 1, 2, 3, 4, 5, 6, 10, 12, 15, 20, 30, dan 60. 

Kecanggihan sistem perhitungan waktu Babilonia dengan angka 60 ini bukan hanya merangkul kepraktisan, tetapi juga memberikan fondasi kuat bagi pengukuran waktu yang efisien dan mudah diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA:Mobil Bau Apek? Ini 7 Cara Alami Menghilangkannya, Salah Satunya Pakai Baking Soda

Konsep Pemberian Nama Pada Hari

Dalam awal sejarah manusia, konsep memberi nama pada hari-hari belum ada. Sebabnya sederhana: manusia belum menemukan pembagian waktu mingguan. 

Pada saat itu, satunya pembagian waktu yang dikenal adalah bulan, dan jumlah hari dalam satu bulan terlalu banyak untuk diberi nama masing-masing. 

Namun, seiring manusia mulai membangun kota-kota, keinginan untuk memiliki hari istimewa muncul, terutama untuk berdagang. Inilah mula-mula dari hari pasar.

Kategori :