Ini Sosok Aktor Bollywood Raama Mehra yang Berani Selundupkan Burung Cendrawasih dari Indonesia

Minggu 07-07-2024,11:35 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Atas perbuatannya, pelaku diancam undang undang kepabeanan dengan hukuman pidana selama 10 tahun dan denda Rp 5 miliar.

Terhadap barang bukti berupa 1 ekor burung cenderawasih kuning kecil (Paradisaea minor), 1 ekor burung cenderawasih botak Papua (Cicinnurus respublica), dan satu ekor berang-berang cakar kecil albino (Aonyx cinereus) selanjutnya dititip-rawatkan ke BKSDA Jakarta.

Sementara itu, ddiketahui jika di Indonesia sendiri penyelundupan terhadap satwa yang dilindungi akan mendapatkan sanksi hukum pidana.

Tindak pidana menyangkut hal perdagangan hewan liar masih dilindungi dapat mengacu pada pasal 21ayat 2 UU Konservasi Hayati, dimana terdapat ketentuan sanksi pi-dananya penjara paling lama 5 tahun dan dengan diberi denda Rp 100.000.000,00 (seratus juta rupiah).  

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal Lengkap Puasa Muharram 1446 H Tahun 2024, Jangan Sampai Terlewat

Dimana pelaku penyelendupan dapat dikenakan pasal 40 ayat 2 dan ayat 4. Dimana perbuatan tersebut dapat dibagi menjadi pelanggaran dan kejahatan sesuai dengan ketentuan yang ada pada pasal 40 ayat 5.

Dan seperti diketahui, jika burung Cendrawasih merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih adalah konservasi. 

Yang dimaksud konservasi adalah upaya pemeliharaan dan perlindungan secara teratur untuk mencegah kerusakan atau kemusnahan dengan pelestarian atau pengawetan. 

Upaya konservasi ini dilakukan dengan melibatkan pemerintah daerah setempat sekaligus masyarakat Papua. Contoh nyata upaya konservasi burung cenderawasih, yakni mengelola kawasan hutan yang menjadi habitat asli cenderawasih. 

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Magelang Tahun 2024, Apakah Sudah Disalurkan?

Cara menjaga kelestarian burung cenderawasih ialah menindak tegas pelaku perburuan liar dan ilegal burung cenderawasih. Tentunya, hal ini harus diimbangi dengan peraturan hukum yang tegas serta penegakan hukum yang sesuai. 

Jika perlu, berikan hukuman yang akan memberi efek jera bagi pelaku perburuan liar. Misal, denda ratusan juta atau hukuman beberapa tahun. 

Upaya pelestarian burung cenderawasih juga bisa dilaksanakan dengan penangkaran dan pengembangbiakan.

BACA JUGA:Pinjaman Uang Tunai Rp 20 Juta-Rp 500 Juta di Bank Secara Online, Ini Produk Pinjaman yang Bisa Dicoba

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cenderawasih, yaitu: 

Kategori :