Ini Alasan Kenapa Diberi Nama Barbie, Simak Kisah dan Fakta Menarik dari Boneka Barbie

Senin 15-07-2024,14:50 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Agus Faizar

Mencari penjual besar lainnya, Elliot fokus mengembangkan boneka bicara untuk anak-anak, yang kemudian berkembang menjadi Chatty Cathy.

Namun, Ruth punya ide yang sama sekali berbeda. Melihat ketertarikan putrinya Barbara dengan boneka kertas wanita karier, dia ingin menciptakan boneka dewasa yang tampak seperti manusia hidup dan memiliki anatomi yang benar sehingga memungkinkan gadis-gadis muda untuk “memimpikan mimpi masa depan.” 

BACA JUGA:9 Mainan yang Bisa Melatih Anak Berbicara, Begini Tips Memilih Mainan yang Baik untuk Anak

Namun, rekan-rekan pria menolak konsep tersebut, dengan mengatakan bahwa konsep tersebut terlalu sulit dibuat dan tidak ada ibu yang akan membeli boneka seperti itu untuk anaknya. "Mereka semua merasa ngeri membayangkan... ingin membuat boneka dengan payudara," kata Handler dalam buku MG Lord tahun 1994 Forever Barbie: The Unauthorized Biography of a Real Doll.

BACA JUGA:11 Ide Permainan Saat Kumpul Natal yang Penuh Kebahagian dan Keakraban

Menemukan Inspirasi dalam Bild Lilli

Boneka Bild Lilli, yang terinspirasi oleh komik strip Jerman, dipamerkan di konvensi kolektor Barbie pada tahun 2006. 

Saat dalam perjalanan ke Swiss pada tahun 1956, Handler dan Barbara yang remaja menemukan boneka Bild Lilli yang dipajang. Diciptakan oleh Reinhard Beuthien, karakter Lilli memulai debutnya dalam komik surat kabar Jerman Bild-Zeitung pada tahun 1952. 

BACA JUGA:Mainan Super Mahal, Ini Deretan Lego Dengan Harga Setara Mobil, Salah Satunya King’s Castle

Menurut Lord, ia digambarkan sebagai "penggali emas, eksibisionis, dan pelacur", dan sering kali tampil dengan pakaian minim.

Lilli dengan cepat menjadi populer dan diubah menjadi boneka plastik—mainan baru yang diberikan kepada pria sebagai hadiah lelucon. 

Lord menjelaskan dalam bukunya bahwa pria akan menggantung boneka itu di kaca spion mobil mereka dan membawa Lilli ke bar, menurunkan celananya atau mengangkat roknya sebagai sumber humor. 

BACA JUGA:Sejak Kecil Otak Kanan Anak Harus Diasah, Cara Mudahnya Dengan 7 Permainan Berikut

Dengan tinggi kurang dari satu kaki, Lilli juga memiliki fisik yang berlebihan yang menampilkan dada yang sangat besar, perona mata biru, dan ekor kuda pirang yang khas. "Dia adalah karikatur pornografi," kata Lord kepada The Washington Post. 

Namun Handler melihat sumber inspirasi untuk bonekanya sendiri dan dengan cepat mengumpulkan koleksi hampir dua lusin mainan Eropa sekembalinya ke California. Barbara menyimpan satu Lilli di kamarnya, sementara ibunya membawa sisanya ke Mattel untuk dirombak. 

BACA JUGA:Asah Otak Anak dengan 12 Permainan Berikut, Selain Membuat Senang juga Merangsang kecerdasan

Kategori :