Ternyata Ini Alasan Sertifikasi Guru Triwulan 2 2024 di Daerahmu Belum Cair

Sabtu 20-07-2024,08:47 WIB
Reporter : novan alqadri
Editor : ahmad afandi

Proses yang dimaksud bisa berasal dari verifikasi data, masalah teknis seperti sistem elektronik yang bermasalah, dan birokrasi yang bertingkat.

2. Belum Terperbaharuinya data guru di Data Pokok Pendidikan (Dapodik)

Dalam memastikan kelancaran penyaluran TPG, Dirjen GTK Nunuk Suryani mendorong satuan Pendidikan untuk tetap memperbaharui Data Pokok Pendidikan (Dapodik), melakukan pengisian pemenuhan beban kerja guru.

Hal ini mutlak dilakukan agar proses verifikasi dan validasinya lebih cepat, sehingga tidak menjadi faktor yang justru menyebabkan keterlambatan pencairan dana TPG.

BACA JUGA:Mohon Maaf, Guru yang Tidak Penuhi Kriteria Ini Tidak Menerima Tunjangan Sertifikasi, Kapan Cair?

Dalam beberapa kasus, pembaharuan Dapodik sering menjadi kendala tersendiri dalam proses pencairan dana TPG.

Ketidaksesuaian antara data guru yang ada di Dapodik dengan data di BKN, kurangnya jumlah beban kerja guru, merupakan beberapa di antara yang menjadi kendala proses pembaharuan data Dapodik.

Pada akhirnya menyebabkan keterlambatan pencairan dana Tunjangan Profesi Guru.

3. Setiap daerah memiliki kesiapan yang berbeda

Setiap daerah memiliki tingkat kesiapan yang berbeda-beda dalam proses penyaluran dana. Beberapa daerah berhasil menyelesaikan penyaluran dengan cepat, sementara daerah lain masih menghadapi berbagai kendala, seperti:

Kurangnya sumber daya manusia (SDM) di dinas pendidikan daerah. Mungkin saya bagian bagian tertentu ada yang kekurangan SDM sehingga kinerjanya menjadi lebih lambat.

BACA JUGA:Tunjangan untuk Guru Sertifikasi Non ASN Cair Juli 2024, Intip Besarannya

Atau penyebab lainnya juga yaitu keterlambatan penyampaian data dari sekolah. Karena tentu daerah harus mendapatkan data terlebih dahulu dari sekolah baik ibu daftar guru penerima tunjangan hingga rekening masing- masing guru.

Dari penyebab penyebab diatas, mungkin salah satunya menjadi penyebab mengapa tunjangan sertifikasi tw 1 anda belum cair hingga sekarang.

Silahkan lakukan komunikasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya.

BACA JUGA:Besaran Tunjangan Sertifikasi Guru PPPK Bisa Bikin Sejahtera, Intip Jumlahnya

Kategori :