Pahami Aturannya, Begini Caranya Beli Motor Lelang di Pegadaian

Sabtu 27-07-2024,22:03 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

Oleh karena itu, jika ada penawaran barang lelang dengan harga yang sangat miring melalui program non resmi, Anda patut waspada agar tidak terjebak modus penipuan yang mengatasnamakan Pegadaian.

Sementara itu, sebagai informasi tambahan, beli kendaraan baik mobil maupun motor secara lelang memiliki keuntungannya sendiri, tapi ada juga minusnya.

Berikut ini adalah plus-minusnya.

1. Cepat dan Efisien

Proses mendapatkan mobil di lelang amat cepat. Ada puluhan sampai ratusan unit yang ditawarkan dalam satu kali event dan semuanya diselesaikan dalam satu hari. 

Karena itu, Anda perlu datang saat cek fisik sekitar 2 hari sebelum lelang untuk bisa mengetahui unit mana yang menjadi incaran. Adapun proses pelunasan pembayaran dibatasi 3 – 5 hari, tergantung balai lelangnya.

BACA JUGA:Cara Beli Mobil Lelang Eks Pemerintah, Ikuti Tata Cara dan Persyaratan Berikut Ini

2. Dijamin Punya BPKB

Pemerintah telah mengatur segala proses dan ketentuan lelang. Untuk lelang otomotif, setiap kendaraan wajib memiliki BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor). 

Akan tetapi, tidak semua STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dalam kondisi ‘hidup’. Ada yang sudah ‘mati’ atau malah tidak punya STNK.

BACA JUGA:Siapakah Dia? Ini Profil Pemenang Lelang Mobil Rubicon Mario Dandy Rp 725 Juta

3. Fisik Kendaraan Apa Adanya

Balai lelang mendapatkan unit dari leasing atau perorangan. Mereka pun menjajakan apa adanya, tidak disembunyikan atau dipoles ulang dulu. 

Itulah gunanya ikut cek fisik sebelum lelang. Pengurusan STNK—jika dokumen itu ‘mati’ atau tidak ada—menjadi tanggung jawab pembeli. Balai lelang maksimal hanya bisa merekomendasikan biro jasa yang bisa membantu.

BACA JUGA:Gitaris Sheila On 7 Eross Candra Lelang Gitar Bersejarahnya untuk Sumbang ke Gaza, Laku Rp 125 Juta

4. Bisa Dapat Lebih Murah, Bisa juga Tidak

Kategori :