Mengkhawatirkan, Kepala BNN Sebut 37 Persen Pelajar Indonesia Terlibat Narkoba

Minggu 28-07-2024,05:37 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

BACA JUGA:Tabel Dana Desa Kabupaten Brebes Tahun Ini, Fokus Utama untuk Infrastruktur

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Tangerang, Nurdin menambahkan, beberapa program untuk meminimalisir penyalahgunaan Narkoba di kota Tangerang antara lain pembentukan Kampung Bersinar (Bersih dari Narkoba) di 13 kecamatan kota Tangerang.

"Pemkot Tangerang telah mengeluarkan peraturan daerah nomor 1 tahun 2023 tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dan prekursor narkotika. Selain itu, melalui satuan narkoba Polres, Metro Tangerang kota juga turut melakukan pembinaan tentang bahaya narkoba," ungkapnya.

BACA JUGA:Kombinasi Kartu Kombo Hamster Kombat Hari Ini 27 Juli 2024, Menangkan Game dan Kumpulkan Koin

Menyikapi penyebaran penggunaan penyalahgunaan narkoba kian marak di Indonesia. Hal ini sebenarnya ada sejumlah penyebabnya.

Penyebab penyalahgunaan narkoba sangat kompleks dan sering kali melibatkan berbagai faktor. Berikut adalah beberapa penyebab umum yang dapat menyebabkan terjadinya penyalahgunaan narkoba:

BACA JUGA:Jangan Asal Pupuk, Begini Tahapan Penggunaan NPK Kelapa Sawit Sesuai dengan Proses Tanamnya

1. Relasi pertemanan

Lingkungan sosial yang negatif atau terpapar pada kelompok teman yang menggunakan narkoba dapat meningkatkan risiko seseorang terjerumus ke dalam bahaya penyalahgunaan narkoba. Jika seseorang tumbuh dalam lingkungan dimana penggunaan narkoba dianggap biasa atau diterima, mereka mungkin lebih rentan mengalami hal ini.

BACA JUGA:Pahami Aturannya, Begini Caranya Beli Motor Lelang di Pegadaian

2. Kondisi lingkungan

Lingkungan fisik yang tidak aman, seperti daerah dengan tingkat kejahatan yang tinggi atau keberadaan pasar narkoba yang mudah diakses, dapat memengaruhi seseorang untuk mencoba narkoba. 

Selain itu, tekanan dari media yang memperlihatkan penggunaan narkoba secara glamor atau menarik juga dapat memengaruhi persepsi dan perilaku seseorang terkait narkoba.

BACA JUGA:Viral Video Siswi SMP di Bullying Teman Sekolah, Korban Trauma dan Minta Pindah Sekolah

3. Masalah personal 

Beberapa faktor personal juga dapat berperan dalam penyalahgunaan narkoba. Faktor-faktor ini meliputi kurangnya pengetahuan tentang bahaya narkoba, kurangnya keterampilan pengambilan keputusan yang baik, rendahnya harga diri, adanya masalah mental atau emosional seperti depresi atau kecemasan, serta riwayat penyalahgunaan narkoba dalam keluarga.

Kategori :