Mengkhawatirkan, Kepala BNN Sebut 37 Persen Pelajar Indonesia Terlibat Narkoba

Minggu 28-07-2024,05:37 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

Faktor risiko penyalahgunaan narkoba ada beberapa, yaitu:

1. Riwayat penyalahgunaan sebelumnya

Seseorang yang sebelumnya telah mengalami penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan resep, memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terlibat dalam bahaya penggunaan narkoba. Hal ini dapat disebabkan oleh kecenderungan seseorang yang memiliki kecanduan pada satu hal, cenderung untuk mencoba jenis lainnya.

BACA JUGA:Waspada Benih Sawit Ilegal Bisa Menghambat Produksi Kelapa Sawit Unggul, Ini Ciri-ciri Benih Unggul

2. Memiliki masalah kesehatan mental

Kehadiran masalah kesehatan mental, seperti gangguan kecemasan, depresi, atau gangguan bipolar, dapat menjadi faktor risiko dalam bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Beberapa individu mungkin menggunakan narkoba sebagai mekanisme koping untuk mengatasi gejala yang tidak menyenangkan, atau mencari penghilangan sementara dari masalah mental yang dialami.

BACA JUGA:Mengetahui Kernel Sawit, Sumber Minyak Utama PKO Bahkan Bisa Dimakan

3. Kurangnya pendidikan dan informasi

Hal ini dapat meningkatkan kemungkinan seseorang untuk terlibat dalam perilaku tersebut. Kurangnya pemahaman tentang efek jangka panjang dan dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba, juga dapat membuat seseorang lebih rentan terhadap eksperimen dan penggunaan narkoba.

BACA JUGA:Tabel Dana Desa Kabupaten Jember Tahun Ini, Segera Perbaiki Jalan yang Rusak

4. Masalah keluarga

Situasi keluarga yang sulit atau kurangnya ikatan dengan orang tua atau saudara kandung, dapat meningkatkan risiko kecanduan, begitu pula kurangnya pengawasan orang tua. 

5. Pernah mengalami kekerasan seksual

Orang yang pernah mengalami pelecehan, kekerasan, dan kekerasan seksual berisiko juga mengalami penyalahgunaan narkoba. Alasannya para penyintas menggunakan narkoba sebagai sistem koping, untuk melarikan diri dari pengalaman buruk yang dialami.

BACA JUGA:Daftar Rekomendasi Bengkel Buka 24 Jam di Lampung! Terbaik dan Terpercaya

Kategori :