Anak Punya Keluhan Demam Usai Imunisasi? Ini Tindakan yang Harus Bunda Lakukan!

Minggu 28-07-2024,21:15 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Widiyarti

BACA JUGA:Serunya Fun Walk HUT IKWI ke-63 di Jakarta, Bertabur Hadiah

4. Jaga Ruangan Tetap Sejuk

Biarkan jendela kamar tetap terbuka dan biarkan udara segar masuk. Suhu ideal ruangan adalah 18 derajat Celsius. Moms juga bisa menggunakan humidifier untuk menambah kelembapan ruangan.

5. Berikan Obat Penurun Demam

Selanjutnya, Moms juga bisa memberikan buah hati obat penurun demam yang banyak dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen jika buah hati terlihat tertekan dan tidak nyaman.
Ibuprofen sama aman dan efektifnya pada bayi yang berusia kurang dari 6 bulan dan bayi di atas 6 bulan.

Namun, dibandingkan parasetamol, ibuprofen memiliki lebih banyak efek samping pada bayi berusia di bawah 6 bulan.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih parasetamol untuk mengobati demam sebagai pilihan pertama. Jika tidak efektif, ibuprofen juga dapat digunakan sendiri atau sebagai tambahan parasetamol.

Tapi akan lebih baik lagi jika kamu bertanya ke dokter anak terlebih dahulu sebelum memberikan obat apapun kepada buah hati untuk memastikan keamanannya.

BACA JUGA:Pasca Gotong Royong, Lahan Pemakaman Seluas 3 Hektar Diamuk Si Jago Merah

Penyebab Bayi Rewel

Imunisasi adalah proses memasukkan virus yang telah dilemahkan sebagai antibodi tubuh.

Jadi ketika virus asli masuk ke tubuh, tubuh sudah memiliki benteng pertahanan kuat untuk melawan virus tersebut. Karena tubuh dimasuki oleh zat asing, maka tubuh akan bereaksi. Salah satunya adalah demam.

Secara umum terdapat 2 hal yang menjadi penyebab bayi rewel setelah imunisasi, yaitu:

1. Rewel Karena Demam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, demam merupakan efek samping dari imunisasi. Jadi, wajar jika terjadi peningkatan suhu tubuh setelah tubuh dimasuki zat asing. Dan juga sangat wajar ketika bayi demam setelah imunisasi.

Demam inilah yang menjadi salah satu penyebab bayi rewel setelah imunisasi. Saat demam, bayi merasa tidak nyaman dengan tubuhnya. Hal yang bisa Moms lakukan adalah memberikan rasa nyaman dengan melonggarkan pakaiannya.

Kategori :