Tabel Dana Desa Kabupaten Karangasem Tahun Ini, Ada 2 Desa Dapat Rp 2 Miliar

Selasa 30-07-2024,11:33 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Purnama Sakti

Desa Tianyar Tengah: Rp 1.324.117.000

Desa Tulamben: Rp 1.265.989.000

Desa Baturinggit: Rp 1.173.196.000

Desa Sukadana 1.003.475.000

BACA JUGA:Tabel Dana Desa Kabupaten Kampar Tahun Ini, Cek di Sini Berapa Jumlah Dana Desamu

Karena pembagian Dana Desa dari RKUD Kabupaten/Kota berdasarkan Alokasi Dasar dan Alokasi yang dihitung dengan memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis.

Alokasi Dasar yang akan dibagi rata kepada seluruh Desa adalah sebesar 90 persen. Sedangkan Alokasi Proporsional yang dihitung dengan memperhatikan jumlah penduduk, angka kemiskinan, luas wilayah, dan tingkat kesulitan geografis sebesar 10 persen.

Tujuan dan Manfaat Dana Desa 

Dana desa bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada penduduk umum di desa-desa, mengangkat kemiskinan, meningkatkan ekonomi desa, menghilangkan perbedaan dalam bidang pembangunan antar desa, menguatkan penduduk desa sebagai subyek pembaharuan. 

Dana desa merupakan komitmen negara dalam melindungi dan memberdayakan desa agar menjadi kuat, maju, mandiri dan demokratis sehingga dapat menciptakan landasan yang kuat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

BACA JUGA:Tabel Dana Desa Kabupaten Indragiri Hulu Tahun Ini, Pastikan Dana Digunakan Sesuai Aturan

Dana desa digunakan untuk membiayai program pemerintah desa dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Adapun beberapa tujuan dari dana desa antara lain yaitu sebagai berikut: 

- Menanggulangi kemiskinan dan mengurangi kesenjangan. 

- Meningkatkan perencanaan dan penganggaran pembangunan di tingkat desa dan pemberdayaan masyarakat. 

- Meningkatkan pembangunan infrastruktur dan pelayanan masyarakat desa. 

- Meningkatkan pengamanan nilai-nilai keagamaan, sosial, budaya dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan sosial. 

Kategori :