Rupiah Digital akan Segera Diedarkan ke Perbankan, Ini Syarat Bank yang Bisa Ikut Uji Coba

Sabtu 03-08-2024,13:47 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Rupiah digital akan segera diedarkan ke perbankan, ini syarat bank yang bisa ikut uji coba.

Bank Indonesia (BI) telah memasuki tahap akhir rencana penerbitan Rupiah Digital. BI sudah merampungkan tahap proof of concept. 

BACA JUGA:Katalog Promo JSM Indomaret Periode 2-4 Agustus 2024, Berlaku di Semua Gerai Indomaret hingga Pelosok Negeri

Setelah menentukan teknologi yang digunakan, maka mata uang digital pertama dari BI ini akan siap diedarkan ke bank-bank.

Diketahui, rupiah digital merupakan bentuk mata uang elektronik yang bakal diterbitkan oleh BI. Adanya mata uang ini tidak akan mengganggu peredaran uang fisik yang sudah lama diterbitkan.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan jika BI sudah lakukan proof of concept-nya dan sekarang sudah ditahap memilih teknologi apa yang cocok untuk digunakan.

Perry juga mengatakan jika setelah teknologi dipilih, langkah berikutnya adalah melakukan uji coba. Uji coba yang dimaksud, yaitu mengedarkan mata uang digital ini ke perbankan.

"Eksperimentasi kita akan mulai, yaitu mengedarkan dulu, dari khazanah digital Rupiah BI, kemudian ke industri wholesaler," kata dia.

Perry mengatakan dalam tahap uji coba ini, perbankan dapat menggunakan Rupiah Digital untuk bertransaksi dengan BI maupun transaksi antarbank. "Kita langkah pertamanya itu dulu," kata dia.

Perry mengatakan BI akan hati-hati dalam menunjuk bank yang bisa melaksanakan uji coba ini. Menurut dia, bank itu harus memenuhi syarat, yaitu kuat secara manajemen risiko, kemampuan sumber daya manusia, dan infrastruktur.

Perry mengatakan setelah tahap uji coba rampung, barulah BI akan menjajal mengedarkan Rupiah Digital di tingkat ritel. "Setelah berkembang, step berikutnya kemudian melayani nasabah ke ritel," kata dia.

BACA JUGA:Viral Penyidik Kuntit Wanita, Dituding Menyadap hingga Tahu Lokasi Rumah, Polda Metro Jaya Ungkap Ini

Perbedaan Rupiah Digital vs Uang Elektronik

Mungkin banyak orang akan bertanya-tanya apa yang membedakan Rupiah Digital dengan uang elektronik pada umumnya. Berikut penjelasan mengenai perbedaan antara Rupiah Digital dengan uang elektronik.

Pada umumnya, pengguna uang elektronik harus menyetorkan uangnya untuk disimpan pada media elektronik sebelum melakukan transaksi. 

Kategori :