Rupiah Digital akan Segera Diedarkan ke Perbankan, Ini Syarat Bank yang Bisa Ikut Uji Coba

Sabtu 03-08-2024,13:47 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Septi Fitriani

Sementara penerbitan dan peredaran Rupiah Digital dikontrol penuh oleh bank sentral. Sesuai dengan fungsinya, rupiah digital digunakan sebagai alat pembayaran, namun dalam hal ini digunakan untuk menggantikan uang kartal.

Sederhananya, Rupiah Digital diterbitkan oleh Bank Indonesia sebagai otoritas moneter, sedangkan Uang Elektronik diterbitkan oleh lembaga non perbankan atau swasta.

Perbedaan lainnya, jenis dan keberadaan Rupiah Digital dan Uang Elektronik berbeda. 

Dengan adanya perbedaan ini, Rupiah Digital tidak akan menghilangkan keberadaan Uang Elektronik (termasuk uang tunai), begitu juga sebaliknya. Rupiah Digital akan menjadi salah satu alternatif pembayaran selain dari adanya uang elektronik dan uang tunai.

BACA JUGA:Personel Polres Gugur saat Bertugas, Ini Sikap dari Polda Bengkulu

Fungsi Rupiah Digital

Rupiah Digital memiliki fungsinya sendiri. Tiga fungsi utama dari Rupiah digital yaitu sebagai alat pembayaran yang sah atau disebut juga medium of exchange. 

Selain itu, fungsi kedua dari Rupiah Digital adalah sebagai unit of account. Dan yang terakhir, Rupiah Digital berfungsi sebagai alat penyimpan nilai atau store of value.

Cara Dapatkan Rupiah Digital 

Masyarakat tentunya dapat memperoleh Rupiah Digital. Bank Indonesia akan menerbitkan Rupiah Digital yang selanjutkan akan didistribusikan kepada pihak ketiga atau wholesaler, serpi bank maupun non-bank tertentu. 

Pihak ketiga atau wholesaler dapat menukarkan rekening giro untuk memperoleh Rupiah Digital.  Pihak ketiga akan mendistribusikan Rupiah Digital ini kepada retailer yang telah mendapatkan izin. 

Setelah itu, retailer dapat menyebarluaskan Rupiah Digital kepada masyarakat luas. Masyarakat dapat menukarkan uang seperti uang kertas, logam, ataupun uang dari rekening.

BACA JUGA:Naik! Ini Daftar Rincian Harga BBM Hari Ini, Terbaru di Seluruh Provinsi di Indonesia

Bagaimana hal ini diterapkan di negara lain?

Cina merupakan negara yang terdepan dalam implementasi mata uang digital, atau dikenal dengan Digital Yuan, dengan kombinasi mata uang digital yang dikeluarkan oleh bank sentral dan sistem pembayaran elektronik yang dikembangkan oleh bank komersial dan perusahaan swasta.

Cina mendalami riset sejak 2014 dan meluncurkan Digital Yuan secara resmi pada 2022, melalui platform Apple App Store dan Android app stores, bersamaan dengan momen pelaksanaan olimpiade musim dingin.

Kategori :