Sebelum Konsumsi, Kenali Ciri-ciri Ikan yang Mengandung Merkuri, Penting untuk Kesehatan

Jumat 16-08-2024,16:14 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Septi Widiyarti

1. Kenali Tanda dari Ikan Segar

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk menentukan ikan tersebut segar atau ikan bermerkuri adalah dengan mengenali tanda-tandanya. Ikan yang segar mempunyai mata yang bening, berwarna terang, dan aromanya yang terbilang segar. Jika ikan tersebut berbau asam, maka kemungkinan besar mengandung merkuri.

2. Hindari Konsumsi Ikan Besar

Merkuri yang tersebar di laut akan diserap oleh tumbuhan. Setelah itu, tumbuhan tersebut akan dikonsumsi oleh ikan yang kecil dan akhirnya akan dikonsumsi oleh ikan yang lebih besar. Maka dari itu, ikan yang besar lebih banyak terpapar merkuri dibandingkan ikan yang kecil. Lebih banyak merkuri yang masuk ke tubuh, bahayanya lebih tinggi.

BACA JUGA:Cara Daftar Motor Listrik Subsidi Secara Online dan 3 Syarat yang Wajib Dipenuhi

3. Periksa Daftar Ikan dari Pemerintah

Umumnya, ikan yang bermerkuri jenisnya kurang lebih sama ketika beredar di pasaran. Pemerintah sering mengeluarkan daftar ikan yang mengandung zat berbahaya tersebut sehingga jangan kamu beli ketika berbelanja. Batasi konsumsi ikan tiap minggunya agar jika terkena paparan merkuri tidak terlalu besar.

4. Konsumsi Ikan Air Tawar

Salah satu cara menghindari ikan bermerkuri adalah dengan mengonsumsi ikan air tawar. Hal tersebut karena kandungan tersebut umumnya terdapat pada ikan laut. Kandungan dari ikan tawar juga tidak jauh berbeda dalam hal sumber protein dan omega-3. Ikan air tawar terbilang aman dari kandungan merkuri.

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membedakan ikan segar dengan ikan bermerkuri. Selain itu, penting juga untuk melihat tempat kamu membeli bahan makanan tersebut.

Jika ikan yang kamu beli terbilang lebih murah dibanding harga pasaran, kamu patut curiga tentang itu.

Nutri Septiana

Kategori :