Heboh Garuda Biru Peringatan Darurat, Apa yang Sedang Terjadi? Apakah Keadaan Sedang Bahaya?

Rabu 21-08-2024,16:53 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Purnama Sakti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM –  Heboh garuda biru peringatan darurat, apa yang sedang terjadi?

Di jagat media sosial Indonesia, gambar garuda berlatar warna biru tiba-tiba ramai dibagikan oleh netizen.

Gambar ini yang awalnya diposting oleh akun-akun besar seperti @narasinewsroom, @najwashihab, @matanajwa, dan @narasi.tv di Instagram, segera menyebar luas. 

Netizen berlomba-lomba memposting gambar garuda biru ini di berbagai platform, terutama di Instagram Stories dan platform X (sebelumnya Twitter). 

BACA JUGA:Rincian 314 Formasi dan Cara Daftar CPNS 2024 Pemkab Bengkulu Tengah

Di atas gambar garuda biru itu tertulis kata-kata yang cukup mengundang perhatian: 'Peringatan Darurat'.

Bukan hanya di Instagram, fenomena ini juga memicu perbincangan ramai di platform X. Kata kunci 'Peringatan Darurat' menduduki posisi atas trending topic, dengan lebih dari 6.950 tweet. 

Di samping itu, tagar 'KawalPutusanMK' juga menjadi viral dengan total lebih dari 24.500 tweet, menambah hiruk-pikuk perbincangan di jagat maya.

BACA JUGA:Infinix Zero 4 Edge, Smartphone Entry-Level dengan Desain Premium, Fitur Menarik

Apa Makna di Balik Garuda Biru Ini?

Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, termasuk CNBC Indonesia, gerakan 'Peringatan Darurat' ini merupakan sebuah ajakan untuk bersama-sama mengawal jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. 

Gerakan ini berangkat dari kekhawatiran publik terhadap keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang diumumkan pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Keputusan MK tersebut mengatur bahwa partai politik (parpol) tidak perlu memiliki kursi di DPRD untuk mengajukan calon kepala daerah. 

BACA JUGA:5 Surat Dalam Al Quran untuk Menjauhkan Kemiskinan, Semoga Allah SWT Kabulkan

Putusan ini memicu pro dan kontra di kalangan masyarakat dan elite politik. Ada yang berpendapat bahwa putusan ini membuka peluang lebih besar bagi partai-partai kecil untuk bersaing di Pilkada, namun ada juga yang khawatir akan potensi penyalahgunaan kekuasaan yang bisa terjadi.

Kategori :