Kenali Ciri-ciri Air Minum Isi Ulang yang Tidak Aman untuk Kesehatan, Jangan Asal Beli

Jumat 23-08-2024,11:12 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kenali ciri-ciri air minum isi ulang yang tidak aman untuk kesehatan, jangan asal beli.

Kebutuhan akan air putih setiap individu bervariasi tergantung pada berbagai faktor, seperti tingkat aktivitas, kondisi kesehatan, dan iklim tempat tinggal.

BACA JUGA:5 Weton yang Paling Ditakuti, Pembawaannya Seram Jangan Sampai Dipancing untuk Marah

Secara umum, pria dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi minimal 2,5 hingga 2,6 liter air putih setiap harinya, yang setara dengan sekitar 8 gelas. Sementara itu, wanita dewasa disarankan untuk minum minimal 2,3 liter atau sekitar 7 gelas air putih setiap hari.

Dengan tingginya kebutuhan akan air bersih, terutama di daerah perkotaan, banyak orang yang kini memilih untuk membeli air minum isi ulang dari depot-depot yang semakin marak.

Depot air isi ulang sering kali menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan air galon yang dijual di pasaran. Namun, penting untuk diingat bahwa harga murah tidak selalu menjamin kualitas yang baik.

BACA JUGA:Apakah Boleh Melamar CPNS 2024 Lebih dari Satu Jabatan? Ini Aturan BKN

Meskipun banyak depot air isi ulang mengklaim menggunakan teknologi penyaring terkini dan telah mensterilkan air mereka, tidak ada jaminan bahwa air tersebut bebas dari kontaminasi bakteri dan zat berbahaya lainnya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi air dari depot isi ulang, Anda perlu mengetahui ciri-ciri air minum isi ulang yang tidak aman untuk kesehatan.

Dirangkum dari laman resmi klikdokter.com berikut ini ciri-ciri air minum isi ulang yang tidak aman untuk kesehatan:

1. Warna Air Tidak Bening

Air minum yang aman seharusnya bening dan tidak berwarna. Jika air yang Anda lihat tidak jernih atau memiliki warna tertentu, seperti kecokelatan atau kekuningan, hal ini bisa menjadi indikasi adanya kontaminasi.

Air yang berwarna bisa disebabkan oleh karat di pipa, endapan mineral, atau kontaminan lain yang tidak terlihat dengan mata telanjang. Warna yang tidak wajar dalam air minum harus dihindari karena dapat menandakan adanya masalah dengan kualitas air tersebut.

BACA JUGA:Link E-Materai untuk Daftar CPNS 2024, Begini Cara Beli dan Menggunakannya

2. Air Berbau

Salah satu tanda air minum yang tidak aman adalah bau yang tidak sedap. Jika air berbau menyengat atau memiliki bau yang aneh, seperti bau logam, bau kimia, atau bau seperti pemutih, ini bisa menunjukkan adanya kontaminasi dengan logam berat atau bahan kimia berbahaya.

Kategori :