Anak-anak Lebih Rentan Terjangkit Wabah Mpox, Pahami Gejala dan Cara Pencegahannya

Rabu 28-08-2024,22:15 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

9. Pembengkakan kelenjar

Salah satu gejala umum Mpox adalah kelenjar getah bening yang bengkak alias limfadenopati. Dilaporkan, gejala ini merupakan tanda bahwa sistem kekebalan tubuh mulai bekerja untuk melawan infeksi, virus, atau bakteri.

BACA JUGA:Obat Alami, Berikut Manfaat Daun Cangkring untuk Cacar Air, Herbal Tanpa Efek Samping

Cara melindungi diri dari mpox

Hal utama yang harus dilakukan adalah melindungi diri dengan membatasi kontak dengan suspek atau sudah terkonfirmasi mpox atau dengan hewan yang berisiko menularkan.

Bersihkan dan disinfeksi lingkungan yang bisa saja terkontaminasi secara teratur. Jangan lupa periksakan diri Anda dan kontak erat Anda jika Anda mengalami gejala mpox. 

Isolasi dilakukan sampai seluruh ruam-ruam kulit kering, mengelupas dan terbentuk lapisan kulit baru dibawahnya. Isolasi bisa dilakukan secara mandiri ataupun di fasilitas layanan Kesehatan yang ditunjuk.

Pengobatan yang Bisa Dilakukan!

Dikutip dari infeksimerging.kemkes.go.id pada Rabu (28/8/2024), diinformasikan sudah ada berbagai pengobatan yang diberikan untuk pasien Mpox.

Salah satunya adalah dengan terapi suportif dan simtomatis serta sudah tersedia juga jenis pengobatan berupa antivirus.

BACA JUGA:Rekomendasi Obat Cacar Air di Apotek, Mulai dari Tablet, Cream dan Lotion

Pengobatan menggunakan antivirus diberikan kepada pasien setelah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan ahli yang ditunjuk.

Para penderita Mpox juga disarankan mengikuti arahan dari fasilitas dan layanan kesehatan.

Sebenarnya, penyakit Mpox bisa sembuh dengan sendirinya bahkan gejalanya juga bisa hilang sendiri di beberapa pasien.

Namun tetap penting bagi siapapun yang terjangkit penyakit ini untuk minum air secara cucup, makan dengan baik dan teratur serta istirahat cukup.

Sementara orang yang melakukan isolasi diri harus menjaga kesehatan mental dengan tetap melakukan hal yang dianggap menyenangkan dan santai.

Kategori :