Gaji Bidan PNS Kategori Bidan Ahli dan Tugasnya Ketika Mendampingi Ibu Hamil

Kamis 05-09-2024,07:42 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Profesi bidan tentu mendampingi ibu hamil, segini gaji yang diterima bidan muda setiap bulannya

Bidan adalah seorang yang bertugas untuk mendampingi ibu hamil sampai dengan persalinan. Selain itu, profesi bidan juga memberikan konsultasi perawatan kepada ibu dan balita. 

BACA JUGA:Istri Narik Ojek, Pak Suami Malah Kepergok di SPBU Sedang Boncengan Berdua Wanita Lain

Jika tertarik menjadi seorang bidan, baiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai gaji serta tanggung jawab yang akan diemban nantinya. 

Mengenai gaji, profesi bidan merupakan profesi yang memiliki cukup risiko, jadi wajar saja jika di beberapa tempat atau kesempatan, bidan akan mendapatkan upah yang sesuai dengan risiko yang akan diambilnya.

BACA JUGA:Segini Gaji Menteri Koperasi dan UKM, Cek Tukin yang Diterima

Gaji Bidan PNS 

Gaji bidan masing-masing berbeda tergantung PNS dan non PNS. Definisi non PNS adalah mereka yang bekerja di rumah sakit swasta. Berikut adalah pembagiannya:

Bidan di Rumah Sakit atau Puskesmas Berstatus PNS

Secara umum, bidan yang telah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) penempatannya tersebar di fasilitas kesehatan pemerintah. Misalnya, rumah sakit umum di daerah, puskesmas, dan berbagai lembaga kesehatan lain yang dikelola oleh pemerintah.

BACA JUGA:Saat Bupati dan Wakil Bupati Bengkulu Selatan Cuti, Satpol PP Pastikan Tetap Berjaga di Rumdin

Berikut adalah pembahasan mengenai dua bagian dari jenjang jabatan dan pangkat bidan PNS, yaitu bidan terampil dan bidan ahli.

- Bidan Terampil

Pada awal karier bidan PNS, jabatan pertama yang dipegang adalah sebagai bidan terampil. Jenis ini kemudian dibagi lagi menjadi tiga kategori yang berbeda:

1. Bidan Pelaksana

Kategori :