Seleksi PPPK 2024, Ini Kategori Honorer yang Diangkat Jadi PPPK Paruh Waktu

Minggu 08-09-2024,10:51 WIB
Reporter : Novan Alqadri
Editor : ahmad afandi

Kategori Honorer yang Diangkat Jadi PPPK Paruh Waktu

Terkait dengan pengangkatan honorer menjadi PPPM tahun 2024 dikategorikan akan menjadi 2 skema yakni PPPK penuh waktu dan paruh waktu.

Dalam Kepmenpan RB Nomor 347 Tahun 2024 Diktum 33 ditetapkan akan ada segelintir Tenaga Honorer yang diangkat menjadi PPPK paruh waktu.

BACA JUGA:Kuota PPPK Pemprov Bengkulu Ditambah, Ini Rincian Formasinya

"Dalam hal pelamar telah mengikuti seluruh tahapan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja namun tidak dapat mengisi lowongan kebutuhan, dapat dipertimbangkan untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Paruh Waktu," isi Diktum 33.

Kategori Tenaga Honorer yang akan diangkat menjadi PPPK Paruh Waktu adalah yang mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja tahun 2024 namun tidak dapat mengisi lowongan kebutuhan.

PPPK paruh waktu ini memiliki perbedaan yang cukup besar dari PPPK pada umumnya yakni PPPK penuh waktu.

Beda PPPK Paruh Waktu dan Penuh Waktu

1. Gaji

PPPK paruh waktu dinilai tidak menambah beban anggaran pemerintah untuk belanja pegawai. Hal ini dikarenakan gajinya tak akan lebih besar dari tenaga honorer yang akan dihapus.

Anggota Panja RUU ASN Komisi II DPR Guspardi Gaus sempat mengatakan gaji PPPK akan disesuaikan dengan tugas, bidang, dan wewenang yang diberikan. Sebab, PPPK paruh waktu tidak wajib di kantor seharian.

2. Bekerja Sesuai Kesepakatan

Tentu saja tidak sama seperti PPPK penuh waktu. PPPK paruh waktu nantinya bekerja sesuai waktu yang disepakati saja.

Menurut Guspardi, PPPK part time kelebihannya adalah status sebagai aparatur sipil negara (ASN), lebih tinggi dari yang sebelumnya sebagai honorer. Yang bersangkutan akan diberi ruang untuk beraktivitas/bekerja di luar statusnya.

Jadwal Seleksi PPPK 2024

Adapun Jadwal Pendaftaran dan Pelaksanaan Seleksi PPPK 2024 yang disetujui oleh Pemerintah dan DPR RI adalah sebagai berikut:

Kategori :