Umat Muslim Harus Tahu! Inilah Tanda-tanda Kiamat Menurut Islam, Lengkap dengan Haditsnya

Jumat 13-09-2024,09:21 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Purnama Sakti

17. Banyak terjadi gempa bumi

18. Lenyapnya orang-orang shalih

19. Banyak wanita yang berpakaian tetapi telanjang

20. Tanah Arab kembali hijau, dipenuhi tumbuhan dan sungai-sungai

BACA JUGA:Beberapa Contoh Kalimat Sanggahan CPNS 2024 bagi Pelamar Tak Lolos Seleksi Administrasi

Selain tanda-tanda yang telah disebutkan, masih banyak tanda lainnya. Di antaranya adalah penaklukan Konstantinopel, peperangan melawan orang Yahudi, dan diangkatnya orang-orang hina sebagai pemimpin. Wallahu a'lam bish-shawab.

Tanda-tanda Besar Kiamat

Menjelang kiamat kubra, akan terjadi peristiwa-peristiwa besar. Kejadian-kejadian ini tergolong "spesial" atau "aneh dari kebiasaan". Di bawah ini uraian ringkasnya diambil dari sumber yang telah disebut dan buku Kejadian Akhir Zaman dan Tanda Kiamat Kubro oleh dr Raehanul Bahraen:

1. Munculnya Imam Mahdi

Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Abdullah dari keturunan Al-Hasan bin Ali bin Abi Thalib RA. Ia akan muncul di bumi pada akhir zaman saat kedzaliman dan kecurangan telah merajalela. Ia kemudian akan menggantinya dengan keadilan.

BACA JUGA:5 Aturan dan Cara Sanggah Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2024, Pelamar Wajib Tahu

Landasan akan hadirnya Imam Mahdi adalah hadits berikut:

الدَّهْرُ حَتَّى يَمْلِكُ الْعَرَبَ رَجُلٌ مِنْ أَهْلِ بَيْتِي؛ ضِي الأَيَّامُ وَلَا يَذْهَبُ لا تَنْقَضِي ! يُوَاطِئُ اسْمُهُ اسْمي

Artinya: "Tidak akan habis hari-hari dan tidak akan pergi waktu, sampai nanti suatu ketika Arab (maksudnya, Islam) akan dipegang oleh seorang dari Ahli Baitku, di mana namanya sama dengan namaku." (HR Imam Ahmad, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi)

2. Kemunculan Dajjal

Dajjal adalah pembuat fitnah dan pendusta yang akan menyebarkan kesesatan. Kehadiran sosoknya telah diperingatkan oleh para nabi sejak zaman dahulu kala. Rasulullah SAW bersabda,

Kategori :