Selain Indonesia, Ini 5 Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa, Siapa Saja?

Senin 16-09-2024,16:44 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Selain Indonesia, ini 5 Negara yang menggunakan Bahasa Jawa, siapa saja?

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang memiliki nilai budaya yang sangat tinggi di Indonesia.

BACA JUGA:Juru Parkir Nakal, Getok Tarif Rp 25 Ribu, Begini Cerita Korban

Dalam karya Nothofer yang berjudul Encyclopedia of Language & Linguistics, diungkapkan bahwa bahasa ini dituturkan oleh sekitar 75 juta orang di Indonesia.

Bahasa ini, yang berasal dari Pulau Jawa, tidak hanya dikenal karena keunikan dan kekayaan budayanya, tetapi juga karena penyebarannya yang luas di berbagai belahan dunia.

Seiring dengan perkembangan zaman dan arus migrasi yang terus berlanjut, penggunaan bahasa Jawa telah meluas ke beberapa negara di luar Indonesia.

BACA JUGA:Modus Bisnis dan Ditawari Lahan Parkir Depan Mega Mall, Warga Bentiring Tekor Rp25 Juta

Dalam artikel ini, akan bahas lima negara yang memiliki komunitas penutur bahasa Jawa, bagaimana bahasa ini sampai ke negara-negara tersebut, dan bagaimana kondisi bahasa Jawa di negara-negara itu saat ini.

Negara yang Menggunakan Bahasa Jawa

Berikut ini 5 negara yang menggunakan bahasa Jawa:

1. Madagaskar

Madagaskar, sebuah pulau besar di lepas pantai timur Afrika, juga menjadi rumah bagi sebagian penduduk yang menggunakan bahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Keberadaan bahasa Jawa di Madagaskar tidak terlepas dari sejarah panjang migrasi orang-orang Jawa ke pulau tersebut. Imigrasi orang Jawa ke Madagaskar dimulai pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika banyak buruh migran asal Jawa dipekerjakan di sektor pertanian dan perkebunan di Madagaskar.

Komunitas Jawa di Madagaskar yang dikenal sebagai "Javanese Malagasy" memelihara bahasa dan budaya mereka, meskipun mereka juga beradaptasi dengan bahasa dan budaya lokal.

Saat ini, bahasa Jawa masih digunakan di kalangan generasi yang lebih tua dan dalam konteks budaya tertentu, meskipun pengaruh bahasa Prancis dan bahasa Malagasy yang lebih dominan membuat penggunaan bahasa Jawa semakin terbatas.

Kategori :