Kabar Bahagia, Ada 3 Jenis Bansos yang Cair September 2024, Ini Kriteria Penerima dan Besaran Dana yang Cair

Selasa 17-09-2024,12:59 WIB
Reporter : Nutri Septiana
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ada 3 jenis bansos yang cair September 2024, ini kriteria penerima dan besaran dana yang cair.

Bantuan sosial (Bansos) merupakan program pemerintah yang dirancang untuk memberikan dukungan finansial atau material kepada masyarakat prasejahtera yang membutuhkan.

Tujuan utama dari bansos adalah untuk membantu meringankan beban hidup kelompok masyarakat yang kurang mampu, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar seperti pangan, pendidikan, dan kesehatan. 

BACA JUGA:Heboh, Hewan Ternak Milik Karyawan PTPN VII Padang Pelawi Diduga Diserang Binatang Buas

Biasanya bansos akan disalurkan secara berkala oleh pemerintah melalui berbagai program, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan bantuan beras. 

Setiap program ini memiliki kriteria dan besaran bantuan yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan penerima manfaat.

Pada bulan September 2024, ada tiga jenis bantuan sosial yang akan disalurkan dan sangat dinantikan oleh masyarakat berpenghasilan rendah di Indonesia. 

Bantuan ini dirancang untuk meringankan beban ekonomi para penerima manfaat dan memastikan kebutuhan dasar mereka terpenuhi. 

BACA JUGA:Cara Membuat SKCK Online, Ini Dokumen yang Diperlukan

Berikut adalah tiga jenis bantuan sosial yang akan disalurkan pada bulan September 2024:

1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu bentuk bantuan sosial yang ditujukan untuk mendukung keluarga yang kurang mampu.

Pada September 2024, PKH akan memasuki tahap ketiga penyaluran. Bantuan ini diberikan berdasarkan kategori penerima, yang meliputi:

- Ibu Hamil/Melahirkan: Rp3 juta per tahun atau Rp750 ribu per tahap.

- Anak Usia Dini 0-6 Tahun: Rp3 juta per tahun atau Rp750 ribu per tahap.

Kategori :