7 Sayuran Terbaik Tinggi Kalsium untuk Usia Tua dan Akibat Tubuh Kekurangan Kalsium

Rabu 09-10-2024,15:38 WIB
Reporter : Putri Nurhidayati
Editor : Agus Faizar

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – 7 sayuran terbaik tinggi kalsium ini untuk usia tua dan dampaknya bagi tubuh bila kekurangan kalsium.
Memasuki usia tua, kebutuhan kalsium seseorang tidak bisa dipisahkan lagi dari konsumsi makanan sehari-hari.
Selain untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga diperlukan untuk mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah, dan kontraksi otot.

BACA JUGA:8 Daftar Makanan Keseharian yang Sering Kita Makan Ini Ternyata Menyebabkan Kanker

Kalsium adalah mineral penting yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tulang serta gigi.
Kalsium bisa didapat dari beberapa jenis makanan, seperti susu dan produk olahannya, sayuran hijau, sarden, serta salmon.
Secara umum, kebutuhan kalsium harian berbeda antara pria dan wanita. Pria usia 50 tahun ke atas disarankan untuk mengonsumsi 1.000 miligram (mg) kalsium per hari, sedangkan wanita memerlukan 1.200 mg kalsium per hari.

BACA JUGA:Kenali, 8 Gejala dan Penyebab Kanker Usus Besar, Begini Cara Pencegahannya

Kalsium secara alami banyak ditemukan dalam makanan. Susu boleh jadi salah satu sumber kalsium yang paling populer.
Tapi, di luar susu, ada juga beberapa sayuran yang mengandung kalsium. 
Nah, untuk memenuhi kebutuhan kalsium tersebut, baik untuk yang sudah memiliki usia tua mengonsumsi beberapa sayuran terbaik tinggi kalsium untuk berikut ini, merangkum berbagai sumber.

BACA JUGA:Gejala Stroke Ringan yang Penting Diketahui, Begini Cara Pencegahannya

7 Sayuran Tinggi Kalsium

1. Kacang edamame

Pertama ada kacang edamame, mengutip Healthline, dalam setiap 155 gram kacang edamame matang terdapat sekitar 8 persen kebutuhan kalsium harian. Tak hanya itu, selain sebagai sumber kalsium, kacang ini juga mengandung protein dan folat yang baik.

2. Daun bit

Selanjutnya, kamu juga bisa memanfaatkan daun bit sebagai sumber kalsium. Setiap 100 gram daun bit terkandung sebanyak 114 mg kalsium atau sekitar 9 persen dari kebutuhan harian.

BACA JUGA:Gak Hanya Buat Sayur, Ini 9 Manfaat Rebung Bambu Kuning untuk Kesehatan, Ketahui Cara Membuat

3. Kale

Kale merupakan salah satu sayuran yang dipercaya punya banyak manfaat kesehatan. Menukil laman Food Data, dalam setiap 100 gram kale terdapat sekitar 132 miligram (mg) kalsium atau sekitar 10 persen dari kebutuhan harian.

4. Pakcoy

Siapa yang tidak tahu sayuran satu ini? Pakcoy menjadi salah satu sayuran favorit banyak orang karena mudah diolah dan dipadukan dengan apa pun.
Pakcoy mengandung sekitar 93 mg kalsium atau sekitar 7 persen dari kebutuhan harian dalam setiap 100 gram-nya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Bambu Kuning Bagi Kesehatan

5. Kacang polong

Selain sayuran, kacang polong juga jadi salah satu makanan yang mengandung kalsium. Jadikan kacang polong sebagai camilan.
Diketahui, dalam setiap 100 gram kacang polong biasanya terdapat sekitar 59 mg kalsium atau 5 persen dari kebutuhan harian.

6. Brokoli

Tak susah mencari sayuran yang satu ini, superfood satu ini juga masuk dalam daftar sayuran paling tinggi kalsium. Setiap 100 gram brokoli mengandung sekitar 40 mg kalsium atau 3 persen dari kebutuhan harian.

BACA JUGA:Bukan hanya Sekadar Tumbuhan Kayu, Ini 6 Manfaat Air Bambu untuk Kesehatan Tubuh

7. Peterseli

Kategori :