Catat! Syarat Seleksi PPPK 2024 untuk Guru Swasta, Ini Jadwal Pendaftarannya

Minggu 13-10-2024,15:02 WIB
Reporter : Tianzi Agustin
Editor : Purnama Sakti

Tidak semua guru swasta dapat mengikuti seleksi PPPK. Hanya guru sekolah swasta yang berstatus Prioritas 1 (P1) yang diperbolehkan mendaftar. Status P1 ini mencakup mereka yang telah lulus seleksi PPPK guru pada tahun 2021. 

"Bagi guru dari swasta yang terdaftar sebagai pelamar P1 dapat mendaftar," ungkap Temu Ismail dalam acara Tanya Jawab di Instagram bersama Dirjen GTK.

BACA JUGA:Peluang Jadi ASN, Ini Formasi PPPK 2024 di Kementerian Ketenagakerjaan

Selain status P1, ada syarat lain yang juga harus dipenuhi oleh guru sekolah swasta, yaitu harus mendapatkan izin dari yayasan tempat mereka bekerja untuk mengikuti seleksi. 

Ini menegaskan bahwa partisipasi dalam seleksi PPPK bukan hanya bergantung pada keinginan individu, tetapi juga memerlukan dukungan dari institusi yang menaungi mereka.

Temu Ismail juga menjelaskan bahwa fokus utama dari seleksi PPPK 2024 adalah untuk menyelesaikan permasalahan guru-guru non-ASN yang telah mengabdi di instansi pemerintah. Dengan kata lain, pemerintah ingin memastikan bahwa guru-guru yang bekerja di sekolah negeri mendapatkan hak yang layak. 

"Artinya, kami ingin memberikan hak untuk guru-guru dari sekolah negeri," tegasnya.

BACA JUGA:Viral, Penampakan Pocong di Pinggir Jalan Bikin Resah Warga, Ternyata Ini

Komitmen Pemerintah terhadap Guru Swasta

Meski terdapat pembatasan dalam pendaftaran PPPK bagi guru swasta, pemerintah tetap menunjukkan komitmen untuk mendukung pengembangan guru-guru yang bekerja di sektor swasta.

Salah satu cara yang dilakukan adalah melalui program Merdeka Belajar, yang bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang optimal bagi siswa di sekolah swasta.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Dua Pendemo yang Tewaskan Satpol PP di Lebak, Ngaku Dibayar

Alur dan Jadwal Rekrutmen

Untuk memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai proses seleksi, berikut adalah alur lengkap dan jadwal rekrutmen PPPK 2024 periode pertama dan periode ke dua

Alur Lengkap dan Jadwal Rekrutmen PPPK 2024 Periode Pertama:

-   Pengumuman seleksi: Senin, 30 September - Sabtu, 19 Oktober 2024.

-   Pembukaan pendaftaran seleksi: Selasa-Minggu, 1-20 Oktober 2024.

-   Seleksi administrasi: Selasa, 1-29 Oktober 2024.

Kategori :