Tak Lagi Jadi Orang Nomor 1 di Indonesia, Ini Kesibukan Jokowi Setelah Pensiun, Cek Harta Kekayaannya

Minggu 20-10-2024,11:53 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Tak lagi jadi orang nomor 1 di Indonesia, ini kesibukan Jokowi setelah pensiun, cek harta kekayaanya selama menjabat.

Setelah mengakhiri masa jabatannya sebagai Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024, Joko Widodo (Jokowi) resmi menyerahkan tampuk kepemimpinan negara kepada Prabowo Subianto, Presiden ke-8 Indonesia.

BACA JUGA:Mudah, Begini Cara Daftar Bansos PIP Kemendikbud 2025 Secara Online, Segini Nominal Uangnya

Sebagai orang nomor satu di Indonesia selama dua periode sejak 2014, Jokowi telah menjalani berbagai tantangan besar dalam memimpin negara ini.

Namun, setelah lengser, banyak yang penasaran mengenai aktivitas dan kesibukan apa yang akan dilakukannya setelah tidak lagi memimpin Indonesia.

BACA JUGA:Mudah, Begini Cara Daftar Bansos PIP Kemendikbud 2025 Secara Online, Segini Nominal Uangnya

Kembali ke Kampung Halaman

Setelah resmi tidak lagi menjabat sebagai presiden, Jokowi akan kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan (Kabag Prokompim) Pemkot Solo, Sulistiarini, menyampaikan bahwa Jokowi direncanakan tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, pada Minggu, 20 Oktober 2024, sekitar pukul 16.00 WIB.

Meskipun rumah pensiun resmi yang dibangun oleh negara di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, belum selesai dibangun, Jokowi akan sementara waktu tinggal di rumah lamanya yang berada di Solo.

BACA JUGA:5 Titik Lokasi Razia Hari ke 7 Operasi Zebra Jaya 2024 di Depok

Rumah pensiun tersebut adalah fasilitas yang diberikan oleh negara untuk mantan presiden, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Hingga rumah tersebut selesai, Jokowi akan kembali merasakan kehidupan di Solo yang lebih sederhana, jauh dari hingar bingar politik dan kesibukan sebagai kepala negara.

BACA JUGA:Hari Ini Lengser dari Presiden, Segini Uang Pensiun Jokowi Tiap Bulannya!

Rencana Kesibukan Jokowi Setelah Pensiun

Dalam sebuah wawancara dengan The Economist pada November 2022, Jokowi sempat mengungkapkan rencana kesibukannya setelah pensiun dari jabatan presiden. Ia menyatakan akan kembali ke Solo sebagai rakyat biasa dan berencana aktif dalam bidang lingkungan hidup.

"Saya akan aktif di bidang lingkungan hidup," ujarnya kala itu.

Kategori :