Tak Lagi Jadi Orang Nomor 1 di Indonesia, Ini Kesibukan Jokowi Setelah Pensiun, Cek Harta Kekayaannya

Minggu 20-10-2024,11:53 WIB
Reporter : Sheila Silvina
Editor : Septi Widiyarti

Kecintaannya terhadap alam memang telah menjadi bagian dari kehidupan Jokowi sejak lama, terlihat dari sejumlah kebijakan terkait pelestarian lingkungan yang diterapkan selama masa kepemimpinannya.

Sebagai seorang mantan pemimpin negara, Jokowi diharapkan dapat memanfaatkan pengalamannya untuk berkontribusi lebih lanjut dalam isu-isu lingkungan.

Meskipun belum ada detail spesifik mengenai organisasi atau proyek apa yang akan dijalaninya, bidang lingkungan hidup memang menjadi salah satu fokus Jokowi di masa mendatang.

BACA JUGA:Titik Lokasi Operasi Zebra Agung 2024 di Denpasar, Tidak Pakai Helm SNI Bisa Kena Tilang

Kembali ke Kehidupan Sederhana di Solo

Kehidupan Jokowi di Solo tidak jauh berbeda dengan masa-masa sebelum ia menjadi presiden. Sebagai putra dari keluarga sederhana, Jokowi lahir dan besar di kota tersebut.

Ayahnya, Noto Mihardjo, adalah seorang penjual kayu dan bambu di sekitar bantaran kali di Karanganyar, Solo. Kehidupan Jokowi kecil penuh dengan kesederhanaan. Untuk membantu keluarganya, ia sering membantu sang ayah yang bekerja sebagai tukang kayu.

Jokowi merupakan anak pertama dari empat bersaudara. Ia memiliki tiga adik perempuan bernama Iit Sriyantini, Ida Yati, dan Titik Relawati.

BACA JUGA:Tanggal Pelantikan Presiden RI dari Masa ke Masa, dari Soekarno hingga Prabowo

Latar belakang keluarga yang sederhana dan pengalaman hidup di lingkungan pedesaan yang bersahaja ini membentuk karakter Jokowi yang dikenal rendah hati dan sederhana dalam menjalani kehidupan.

Harta Kekayaan Jokowi Setelah 10 Tahun Menjabat

Sebagai seorang presiden, tentu saja Jokowi menerima gaji dan tunjangan selama masa jabatannya.

Berdasarkan laporan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) yang diterbitkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Desember 2023, harta kekayaan Jokowi mencapai Rp95,82 miliar.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dari awal masa jabatannya pada 2014, di mana harta kekayaannya tercatat sekitar Rp33,47 miliar. Selama 10 tahun menjabat, kekayaan Jokowi naik sebesar Rp62,34 miliar, atau sekitar 186,2%.

Kekayaan tersebut terdiri dari berbagai aset, antara lain tanah dan bangunan senilai Rp74,19 miliar. Aset-aset ini tersebar di berbagai wilayah, seperti Sukoharjo, Surakarta, Sragen, Karanganyar, hingga Jakarta Selatan.

BACA JUGA:5 Titik Lokasi Razia Hari ke 7 Operasi Zebra Jaya 2024 di Depok

Selain itu, Jokowi juga memiliki kendaraan senilai Rp423 juta, yang termasuk mobil Suzuki pick up hingga sedan Mercedes Benz.

Harta bergerak lainnya tercatat senilai Rp356,9 juta, sementara kas dan setara kas sebesar Rp20,83 miliar. Menariknya, Jokowi tidak memiliki utang, sehingga total kekayaannya mencapai Rp95,82 miliar.

Menjaga Kesederhanaan dalam Pensiun

Kategori :