Dzu as Suwaiqatain Lelaki Botak yang Menurut Rasulullah akan Merobohkan Ka’bah, Siapa Dia? Ini Penjelasannya

Sabtu 03-06-2023,15:29 WIB
Reporter : Tim liputan

 

 يُخَرِّبُ الْكَعْبَةَ ذُو السُّوَيْقَتَيْنِ مِنَ الْحَبَشَةِ 

“Ka’bah itu akan dihancurkan oleh Dzus-Suwaiqatain dari Habasyah atau Ethiopia.” (HR Bukhari dan Muslim). Rasulullah SAW bersabda: “Biarkanlah orang orang Habasyah (Ethiopia) sebagaimana mereka membiarkan kalian. Sesungguhnya, hanya Dzu as Suwaiqatain dari Habasyah yang akan mengeluarkan harta simpanan Ka'bah'.” (HR Abu Dawud).

Nabi Muhammad SAW bersabda: 'Seakan akan aku lihat ia hitam dan berkaki bengkok sedang merobohkan Ka'bah satu demi satu balok batunya'.” (HR Ahmad) 

Selanjunya Imam Ahmad juga meriwayatkan dari Jabir bahwa Umar bin Khattab mengabarkan kepadanya dirinya mendengar Rasulullah SAW bersabda: “Penduduk Mekah akan keluar lalu hanya sedikit yang bisa melewatinya atau menyeberanginya kemudian tempat itu penuh dan mulai dibangun. Setelah itu, mereka keluar dari sana tanpa kembali untuk selama lamanya'.” (HR Ahmad). 

 

BACA JUGA:27 Arti Mimpi. Kalau Dikejar Anjing Pertanda Musibah, Cek Juga Arti Mimpi Pasangan Selingkuh

Siapa Dzu as Suwaiqatain?

 

Dzu as Suwaiqatain berasal dari bangsa Habasyah. Adapun ciri-ciri Dzu as Suwaiqatain pernah disebutkan oleh Rasulullah SAW.

Dalam buku Kisah-kisah Gaib dalam Hadits Shahih yang ditulis oleh Dr. Umar Sulaiman Al-Asyqar, Rasulullah SAW pernah menyebutkan ciri-ciri dari kelompok penghancur Ka'bah pada akhir zaman kelak.

Dijelaskan bahwa, kelompok tersebut dipimpin oleh seorang pemimpin yang ciri fisiknya berkulit hitam, berlangkah lebar, bagian ubun-ubunya tidak berambut, bagian tangannya memiliki kebengkokan, dan kedua pahanya saling berjauhan satu sama lain.

Tidak hanya itu, Dzu as Suwaiqatain juga dicirikan memiliki betis yang kecil. Hal itulah yang membuatnya dijuluki dengan Suwaiqatain atau pemilik dua buah betis yang kecil. Julukan tersebut dibuat oleh Rasulullah SAW berdasarkan ciri fisik sosok penghancur Ka'bah tersebut. 

 

Bagaimana cara Dzu as Suwaiqatain menghancurkan Ka'bah di Akhir Zaman?

 

Kategori :