Iklan dempo dalam berita

Presiden Jokowi Beli Sapi Warga Seluma Pakde Ngatijo, Cocok Harga Rp 84 Juta

Presiden Jokowi Beli Sapi Warga Seluma Pakde Ngatijo, Cocok Harga Rp 84 Juta

Presiden Jokowi Beli Sapi Warga Seluma Pakde Ngatijo, Cocok Harga Rp 84 Juta--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Proses seleksi hewan kurban pesanan Presiden RI untuk menyambut Idul Adha 1444 Hijriah, kembali jatuh ke pilihan sapi milik Pakde Ngatijo (60) warga RT 04 RW 01 Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan.


BACA JUGA:36.320 Orang di Bengkulu Menganggur, Komisi IV DPRD Provinsi Cari Solusi ke BP3MI Sumsel

Hal ini setelah 2 staf Sekretariat Presiden RI datang dari Jakarta, berkunjung untuk melihat langsung sapi yang akan dikurbankan Presiden RI, pada Kamis siang (15/6) sekitar pukul 10.30 wib.

Peninjauan ini, didampingi langsung Kabid Produksi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, Espin, S.Pt yang melakukan survei sejak bulan Mei lalu.

"Sejak bulan Mei lalu, kita survei di 3 tempat, yakni di Rejang Lebong, di Desa Talang Benuang Kecamatan Air Periukan, dan di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan, dan setelah dicek kesehatan oleh petugas kesehatan hewan balai Veteriner Lampung, sapi Pak Ngatijo yang lebih baik," ujar Espin.

BACA JUGA:Mayoritas Dihuni Buruh, Target PAD Rusunawa Rp75 Juta Per Tahun

Usai melihat sapi milik pensiunan guru SDN 158 Seluma ini, sapi jenis Limosin milik Pakde Ngatijo yang memiliki bobot 937 kg, akhirnya sepakat dihargai Rp 84 juta.

Proses transaksi pembayaran sapi yang akan dikurbankan Presiden, akan dilakukan secara serentak transfernya pada tanggal 26 Juni 2023 mendatang oleh Sekretariat Presiden.

"Iya sapi Pakde Ngatijo tahun ini kembali terpilih Presiden untuk diqurbankan, sapinya pas ditimbang berbobot 937 kg dan dinyatakan sehat," tutur Kabid Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Hendri Yunan.

Pakde Ngatijo yang juga selaku Bendahara PGRI Kabupaten Seluma, ini mengaku bangga dan terharu, karena untuk kedua kalinya sapi miliknya terpilih dijadikan kurban oleh Presiden RI, setelah sebelumnya pada tahun 2020 sapi miliknya juga dibeli Presiden.

"Saya merasa bangga dan haru, karena sapi milik saya kembali dibeli pak Presiden, karena ditahun 2020 sapi saya juga dibeli pak Presiden. Kali ini sapi saya berbobot 937 kg yang saya namai MJ ini deal dibayar Rp 84 juta," terang Pakde Ngatijo.

BACA JUGA:Suhu Udara di Arab Saudi Capai 44 Derajat Celcius, JCH Diminta Siapkan Air Zamzam di Kamar

Sementara itu, setiap tahunnya proses seleksi sapi kurban Presiden, dilakukan tim dari Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu, untuk memilih dan menetapkan sapi qurban milik Presiden RI.

Penilaian yang dilakukan tidak hanya dari bobot sapi yang berukuran besar, namun juga dari segi kesehatannya untuk dikonsumsi pada saat perayaan Hari Raya Idul Adha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: