Iklan dempo dalam berita

Punya 3 Tahi Lalat, Itu Ciri-ciri Keturunan Prabu Siliwangi yang Sakti Mandraguna, Selamat!

Punya 3 Tahi Lalat, Itu Ciri-ciri Keturunan Prabu Siliwangi yang Sakti Mandraguna, Selamat!

prabu siliwangi--

Substansi naskah itu masih sangat relevan untuk dikaji pada saat sekarang. Terutama ajaran tentang kejujuran dan keluhuran perilaku hidup lainnya. Naskah ini dibuka dengan anjuran menjaga sepuluh anggota tubuh (dasaindria) yang kita miliki, dari mata hingga kaki.

Misalnya tangan, dianjurkan agar tidak sembarang mengambil segala sesuatu yang bukan haknya, karena akan menjadi pintu bencana dan kenistaan. Dalam konteks sekarang bisa dimaknai, jangan korupsi.

Demikian pula dengan dasapasanta yang menjelaskan sepuluh syarat jika seorang pemimpin ingin berwibawa di mata rakyatnya. Ditaati dan dijalankan perintah/instruksinya. 

Yaitu guna (bijaksana), rama (ramah), hook (proporsional, bukan like and dislike), pesok (membangkitkan semangat), asih (penuh kasih), karunya (pembagian tugas yang jelas), mupreruk (membujuk), ngulas (membangkitkan harga diri), nyecep (menumbuhkan percaya diri), dan ngala angen (mengambil hati).

BACA JUGA:Tanda Kiamat dari Danau Tiberias, Buah Kurma Baisan dan Mata Air Zughar

Walhasil, sambil terus beradaptasi secara kritis dengan setiap perkembangan zaman, menjaga tradisi leluhur yang baik itu tetaplah penting dan relevan. Demikian.

(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: