Iklan dempo dalam berita

Ijab Kabul 3 Kali Salah Bagaimana Hukumnya? Benarkah Dianggap Gagal, Ini Penjelasannya

Ijab Kabul 3 Kali Salah Bagaimana Hukumnya? Benarkah Dianggap Gagal, Ini Penjelasannya

Ijab Kabul 3 Kali Salah Bagaimana Hukumnya? Benarkah Dianggap Gagal, Ini Penjelasannya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini informasi penting. Ijab kabul pernikahan merupakan salah satu momen yang menandakan seorang pria dan wanita memulai kehidupan baru dalam sebuah rumah tangga. Semua pasangan harus melewati rukun nikah ini saat melangsungkan pernikahan sesuai syariat Islam.

Bacaan ijab kabul merupakan kunci yang menghalalkan hubungan laki-laki dan perempuan. Dari pihak perempuan, seorang wali mempelai akan mengucapkan bacaan ijab. Selanjutnya, penyerahan mempelai wanita itu disambut mempelai laki-laki dengan mengucapkan bacaan kabul nikah.

 

BACA JUGA:Khadijah, Orang Pertama yang Memeluk Islam dan Pernikahannya dengan Nabi Muhammad

 

Dalam Bahasa Arab, ijab artinya ucapan penyerahan yang dibaca oleh wali mempelai perempuan sebagai penyerahan kepada calon suami. Sedangkan istilah kabul yang dibacakan saat akad nikah dalam bahasa Arab memiliki arti ucapan pengantin laki-laki sebagai tanda penerimaan dari penyerahan wali perempuan.

Namun terkadang karena perasaan grogi dan gugup sering menghampiri mempelai laki-laki atau wali saat akad nikah tak jarang mengakibatkan terjadinya kesalahan dalam proses ijab Kabul. Bahkan, tak menutup kemungkinan ijab kabul 3 kali salah atau lebih.

 

BACA JUGA:Mimpi Menikah Lagi, Ini 8 Artinya, Jangan Langsung Marah Dulu Ya karena Bisa Menjadi Pertanda Baik

 

M. Quraish Shihab dalam buku M Quraish Shihab Menjawab 101 Soal Perempuan yang Patut Anda Ketahui menyebut ijab kabul sebagai redaksi yang digunakan dalam konteks akad atau perjanjian apa pun. Dalam pernikahan, itu menjadi sebagai salah satu rukunnya.

Pada proses akad nikah, ijab biasanya dilakukan oleh wali, sedang kabul yang merupakan jawaban ijab dilakukan oleh calon pengantin lelaki. Namun, bagaimana hukumnya apabila ijab kabul selalu salah hingga tiga kali?

 

BACA JUGA:Tanggal Lahir Kamu Berapa? Ini Ada 10 Tanggal Lahir yang Diramalkan akan Menikah dengan Orang Kaya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: