Iklan dempo dalam berita

5,8 Juta Penerima Bansos Salah Sasaran, 6 Golongan Ini Dicoret

5,8 Juta Penerima Bansos Salah Sasaran, 6 Golongan Ini Dicoret

validasi penerima bantuan sosial--

Pemerintah memiliki beberapa program bantuan sosial (bansos) yang secara rutin dikucurkan kepada kelompok rentan dan miskin. Salah satunya adalah PKH.

Bansos PKH terbagi menjadi dua jenis. Pertama, bantuan tetap dan bantuan komponen yang diberikan dengan ketentuan sebagai berikut. 

Rincinya, bantuan tetap dibagi menjadi dua kelompok, yaitu reguler dengan jumlah Rp550 ribu per keluarga per tahun. Lalu, PKH Akses senilai Rp1 juta per keluarga per tahun.

Kedua, bantuan komponen untuk setiap jiwa dalam keluarga PKH. Misalnya, jika terdapat ibu hamil maka keluarga penerima PKH menerima tambahan Rp2,4 juta per tahun.

Lalu, keluarga penerima manfaat (KPM) yang memiliki anak di bangku SD juga diberikan bantuan sebesar Rp900 ribu, yang memiliki anak di bangku SMP sebesar Rp1,5 juta.

Adapun KPM yang memiliki anak di bangku SMA diberikan bantuan dana Rp2 juta. Lalu, jika memiliki anak disabilitas berat dibantu sebesar Rp2,4 juta, dan lanjut usia Rp2,4 juta.

 

BACA JUGA:Perbuatan yang Membuat Kita Terjerumus ke Neraka, Diantaranya Banyak Dilakukan Kaum Perempuan

Bagaimana cara mengetahui keluarga tersebut terdaftar menjadi penerima atau tidak? Caranya cukup mudah. Penerima bantuan bisa mengeceknya secara online. Untuk itu ada beberapa langkah yang dilakukan, berikut caranya:

 

- Kunjungi situs resmi Kemensos di cekbansos.siks.kemsos.go.id.

 

- Masukkan wilayah penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa.

 

- Ketik nama Anda sesuai KTP. Keempat, masukkan empat huruf kode yang tertera dalam kotak kode.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: