Iklan dempo dalam berita

Waspada Kasus Rabies di Provinsi Bengkulu, Seluma Peringkat Kedua

Waspada Kasus Rabies di Provinsi Bengkulu, Seluma Peringkat Kedua

Waspada Kasus Rabies di Provinsi Bengkulu, Seluma Peringkat Kedua--

Tercatat ada 25.969 ekor anjing yang dominan dipelihara masyarakat Kabupaten Seluma, yang sebagian besar digunakan sebagai anjing pemburu babi.

 

"Iya Kabupaten Seluma menduduki peringkat kedua kasus rabies untuk sementara ini, karena jumlah kasus gigitan hewan penular virus rabies sudah 80 kasus," terang Riduwan.

 

Rendahnya kesadaran masyarakat pemelihara anjing untuk diberi vaksin, karena stigma masyarakat beranggapan, anjing pemburu bila diberi vaksin rabies akan membuat anjing pemburu menjadi loyo, dan kurang beringas ketika dibawa berburu babi.

 

BACA JUGA:Seluma Terima 100 Vial Vaksin Anti Rabies dari Dinkes Provinsi

 

Namun dampak negatifnya, bila anjing pemburu dilepas liarkan, akan mengancam nyawa masyarakat setempat bila tergigit.

 

Disarankan, bagi masyarakat yang tergigit hewan penular rabies, pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah, membersihkan luka bekas gigitan dengan menggunakan air mengalir selama 10-15 menit serta menggunakan sabun. Setelah itu, baru dilakukan penyuntikan VAR.

 

Pihaknya juga menyarankan kepada masyarakat pemelihara hewan penular rabies, seperti anjing, kucing dan kera untuk diberikan vaksin, untuk mencegah korban jiwa akibat gigitan hewan penular virus rabies.

 

BACA JUGA:Alokasi Vaksin Rabies Pemprov hanya 9.500 Dosis. Pemkot dan Pemkab Harus Lakukan Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: