Iklan dempo dalam berita

Naudzubillah, Ini Alasan Islam Melarang Riba, Dosanya Setara Berbuat Zina dengan Ibu

Naudzubillah, Ini Alasan Islam Melarang Riba, Dosanya Setara Berbuat Zina dengan Ibu

Dosa riba seperti berbuat zina dengan ibu--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Umat Islam sudah cukup tahu tentang riba. Meski demikian masih banyak mereka yang berada dalam lingkaran riba.

 

Riba adalah tambahan dari harta pokok atau modal secara batil, baik dalam transaksi jual beli maupun pinjam-meminjam yang bertentangan dengan prinsip muamalah Islam.

 

Hukum riba adalah haram. Karenanya setiap orang dilarang untuk melakukannya. Larangan ini disebutkan oleh Allah SWT dalam beberapa ayat Alquran, salah satunya Surat Ali Imran ayat 130.

 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تَأْكُلُوا۟ ٱلرِّبَوٰٓا۟ أَضْعَٰفًا مُّضَٰعَفَةً ۖ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

 

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan."

BACA JUGA:Tempo 3 Jam, Ditnarkoba Tangkap 3 Pelaku dan Amankan 31 Paket Sabu

 

Karena larangan tersebut, seorang muslim hendaknya menjauhi riba. Sebab, riba akan membawa pada kemudharatan dan dosa bagi pelakunya. Apa saja bahaya dan dosa riba?

 

Riba secara bahasa bermakna ziyadah atau tambahan. Secara istilah, riba berarti pengambilan tambahan dari harta pokok atau modal secara batil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: