Iklan dempo dalam berita

PERHATIAN, Berikut Ciri Kuku Tidak Sehat dan Penanda Ada Penyakit Lain

PERHATIAN, Berikut Ciri Kuku Tidak Sehat dan Penanda Ada Penyakit Lain

Jenis kuku tidak sehat dan penanda ada penyakit lain--

Banyak lansia mungkin tidak lagi rutin merawat kukunya. Akhirnya, jaringan kuku pun menebal, melengkung, dan berubah warna menjadi kekuningan. 

Inilah yang menyebabkan kuku berbentuk seperti cakar.

 

8. Kuku Berbentuk Cekung atau Cembung

Pada kondisi sehat, permukaan kuku halus dan berbentuk sedikit cembung. Perubahan kondisi ini bisa menandakan adanya masalah kesehatan.

BACA JUGA:BSI Catatkan Kenaikan Transaksi Forex Selama Musim Haji Tahun 2023

 

Contoh kuku yang tidak sehat berbentuk cekung seperti sendok. Kuku cekung alias koilonikia adalah salah satu gejala anemia defisiensi zat besi. 

 

Selain anemia defisiensi zat besi, penyakit yang bisa dilihat dari kuku cekung, meliputi gangguan fungsi jantung, penyakit lupus eritematosus, dan kondisi hormon tiroid yang terlalu rendah (hipotiroid).

 

Apabila bentuk kuku dan jari kamu terlalu cembung, maka kemungkinan penyebabnya adalah kurangnya oksigen menahun. Menurut American Academy of Dermatology Association (AADA), kondisi ini bisa disebabkan oleh gangguan jantung dan masalah paru, seperti infeksi, radang, atau kanker. Kuku cembung dan ujung jari yang membesar disebut clubbing.

 

9. Pangkal Kuku Bengkak

Pangkal kuku bengkak disertai kemerahan dan rasa nyeri kemungkinan disebabkan oleh adanya kuku bagian dalam yang menusuk jaringan kulit. Hal ini menyebabkan peradangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: