Iklan dempo dalam berita

Sedekah Bumi Desa Tangsi Duren, Wujud Syukur Rezeki dan Pelestarian Adat Istiadat

Sedekah Bumi Desa Tangsi Duren, Wujud Syukur Rezeki dan Pelestarian Adat Istiadat

Warga Desa Tangsi Duren gelar Sedekah Bumi--

KEPAHIANG, RBTVCAMKOHA.COM - Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Edwar Samsi, Sabtu pagi (29/7) menghadiri kegiatan sedekah bumi, di desa Tangsi Duren Kabupaten Kepahiang. Kegiatan ini rutin digelar masyarakat setempat setiap tahun. 


BACA JUGA:Kekayaan Melimpah dan Berkah, Amalkan Doa Nabi Sulaiman agar Dianugerahi Harta

Sedekah bumi ini merupakan wujud syukur atas berbagai rezeki yang telah diberikan, dari bumi. Sekaligus mendoakan agar di tahun depan rezeki bertambah, berbagai tanaman tumbuh subur, dan ternak semakin berkembang. 

Edwar memberikan apresiasi terhadap budaya luhur yang masih dijalankan masyarakat. Edwar juga mendukung agar tradisi sedekah bumi ini bisa terus digelar, sebagai bentuk pelestarian budaya. 

BACA JUGA:849 Guru Bantu Daerah Berpeluang jadi PPPK Tahun Ini

“Kita hadir di acara sedekah bumi yang dilaksanakan setiap tahun di desa Tangsi Duren dalam rangka melestarikan budaya leluhur. Kita mengapresiasi kegiatan ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya dan ini memberi makna rasa syukur kepada Allah SWT atas rezeki yang diberikan selama satu tahun,” ujar Edwar Samsi (29/7).

BACA JUGA:Keren, 5 Shio Ini Mampu Cetak Paling Banyak Orang Kaya di Dunia

Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kepahiang Karyanto mengatakan, momen ini menjadi bentuk pelestarian dan mempertahankan adat-istiadat. Dalam kegiatan sedekah bumi ini disiapkan pula hiburan wayang kulit.

“Momen ini kita mempertahankan adat istiadat naluri, bahwasanya di mana kita tempati di sana lah langit harus dijunjung,” kata Karyanto.

BACA JUGA:Awas Tertipu, Begini Cara Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah

“Seluruh masyarakat desa Tangsi Duren mengadakan sedekah bumi, pada dasarnya sedekah bumi adalah mensyukuri apa yang telah dihasilkan oleh bumi yaitu rezeki yang datangnya dari Allah,” terang Kades Tangsi Duren, Komari.

Siska Harliana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: