Iklan dempo dalam berita

Setan Musuh Manusia Sampai Hari Kiamat, Hanya 4 Golongan Manusia Ini yang Ditakutinya

Setan Musuh Manusia Sampai Hari Kiamat, Hanya 4 Golongan Manusia Ini yang Ditakutinya

4 golongan manusia yang ditakuti setan--

Setan memiliki banyak akal untuk dapat menjerumuskan manusia ke dalam kesesatan. Setan juga bisa masuk ke dalam hati melalui banyak pintu dan memberi pengaruh buruk pada manusia.

Setan dalam bahasa Arab disebut dengan as-syaithan. Kata ini digunakan untuk menyebut makhluk halus karena kesombongan dan sifatnya yang selalu membangkang terhadap Allah SWT.

Dalam Al-Qur'an, setan juga disebutkan sebagai iblis. Setan juga disebut dengan thaghut, sebagaimana dalam firman Allah surat An-Nisa Ayat 76:

 

لَّذِيْنَ اٰمَنُوْا يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ ۚ وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا يُقَاتِلُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ الطَّاغُوْتِ فَقَاتِلُوْٓا اَوْلِيَاۤءَ الشَّيْطٰنِ ۚ اِنَّ كَيْدَ الشَّيْطٰنِ كَانَ ضَعِيْفًا ۚ ࣖ

 

Artinya: "Orang-orang yang beriman berperang di jalan Allah, dan orang-orang yang kafir berperang di jalan thaghut, maka perangilah kawan-kawan setan itu, (karena) sesungguhnya tipu daya setan itu lemah."

 

Ini Asal Usul Setan

 

Ibnu Taimiyah dalam kitab Majmu' al Fatawa menyebutkan bahwa setan termasuk dari golongan jin. Mereka tercipta dari api.

 

Dalam kamus Mukhtaarush Shihaah dijelaskan, makna kata setan yaitu setiap makhluk yang melanggar aturan dan menyimpang adalah setan, baik ia berasal dari manusia, jin, maupun binatang.

 

Mengutip buku Mengapa Malaikat dan Setan di Rumah Kita? oleh Abu Hudzaifah Ibrahim dan Muhammad ash-Shayim dijelaskan dua pendapat yang berkaitan dengan asal kata setan. Pendapat pertama mengatakan bahwa kata tersebut diambil dari kata syathana yang bermakna sesuatu yang jauh dari kebenaran atau dari rahmat Allah SWT. Menurut pendapat yang kedua adalah kebalikan yang pertama, yaitu kata tersebut diambil dari kata syaatha yasyithu, yang bermakna batal atau terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: