Iklan dempo dalam berita

Utang Masih Menumpuk, Kata Ustad Adi Hidayat Segera Lakukan Ini Biar Rezeki Mengalir Deras

Utang Masih Menumpuk, Kata Ustad Adi Hidayat Segera Lakukan Ini Biar Rezeki Mengalir Deras

Utang Masih Menumpuk, Kata Ustad Adi Hidayat Segera Lakukan Ini Biar Rezeki Mengalir Deras--

 

Orang yang tidak membayar utangnya akan dimintai pertanggungjawaban di akhirat nanti. Adanya azab orang yang tidak bayar utang di akhirat ini seperti yang diterangkan dalam sebuah hadis yang menyatakan bahwa:

"Barangsiapa yang berutang dan kemudian meninggal dunia dalam keadaan belum membayarnya, maka utangnya akan menjadi beban bagi dirinya pada hari kiamat kelak." (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

 

7. Dihisab dengan Timbangan yang Adil

 

Orang yang tidak membayar utangnya akan dihisab dengan timbangan yang adil dan mendapatkan balasan yang setimpal dengan perbuatannya. Azab orang yang tidak bayar utang di akhirat ini seperti yang diterangkan dalam sebuah ayat Alquran yang menyatakan bahwa:

"Dan orang-orang yang berutang hendaklah mereka membayar utangnya dengan cara yang baik. Jika mereka berbuat baik, maka mereka akan mendapatkan balasan yang lebih baik lagi, dan mereka tidak akan merasa takut dan tidak akan bersedih hati." (QS. Al-Baqarah: 280)

 

8. Terhalang Masuk Surga

 

Azab orang yang tidak bayar utang di akhirat paling mengerikan adalah akan terhalang masuk surga. Ancaman ini sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut ini:

“Dalam urusan utang, demi Zat yang menggenggam jiwa Muhammad, seandainya seseorang terbunuh di jalan Allah, kemudian hidup lagi, kemudian terbunuh lagi di jalan Allah, kemudian hidup lagi, kemudian terbunuh lagi di jalan Allah, kemudian hidup lagi, tetapi ia memiliki tanggungan utang, maka ia tidak akan masuk surga sampai melunasi utangnya.” (HR. Ahmad).

 

Demikian semoga bermanfaat.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: