Iklan dempo dalam berita

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Sempat mencuat isu beberapa daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia--

2. Makassar

 

Pada tahun 1999, sekitar 20 ribu mahasiswa gabungan menuntut dibentuknya negara Sulawesi Merdeka. Hal itu dipicu atas dasar kekecewaan terhadap pengkhianatan Golkar yang diduga mengadakan siasat internal dalam memilih anggota dan MPR sehingga B.J. Habibie gagal jadi presiden lagi saat itu. Selain itu, mereka kecewa atas terpilihnya Megawati sebagai presiden.

BACA JUGA:Catat, Ini Daftar Handphone dengan Radiasi Paling Tinggi

 

3. Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut)

 

Warga Minahasa sudah ingin memisahkan diri dari NKRI. Yang paling diingat adalah ketika isu syariat di sejumlah daerah dan perkembangan SKB perizinan tempat ibadah yang akan disahkan 2006 silam. 

Saat itu wacana tersebut dirasa menjadi solusi apabila penindasan umat Kristen terus berlangsung. Tuntutan itu kembali muncul oleh Gerakan Minahasa Merdeka, saat Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dinyatakan bersalah karena dianggap menistakan agama.

 

4. Minangkabau, Sumatera Barat 

 

Pada 2013 lalu, pemangku adat Minangkabau melalui Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) kecewa kepada DPR RI yang mengesahkan UU desa. Lembaga ini menolak karena dirasa melemahkan eksistensi negara di Sumatera Barat sebagai satu kesatuan adat budaya dan sosial ekonomi. 

Karena kecewanya yang tinggi, lembaga ini bahkan meminta Sumatera Barat dipisahkan dari NKRI. Sebab, mereka merasa pemerintah pusat dirasa tidak menghargai eksistensi negari di sana.

BACA JUGA:Tak hanya Manis, 13 Manfaat Buah Tropis Mirip Kolang-kaling Ini Bisa Kendalikan Kadar Gula Darah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: