Iklan dempo dalam berita

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Sempat mencuat isu beberapa daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia--

7. Aceh 

 

Sejak tahun 1976, Aceh diminta keluar dari Indonesia melalui Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang merupakan gerakan separatis. GAM muncul bukan hanya karena ingin mewujudkan cita-cita untuk membentuk negara dengan ideologi islam. Tapi juga karena faktor ketimpangan ekonomi antara pusat dan daerah. Padahal Aceh memiliki kontribusi besar dalam meningkatkan ekonomi negara. 

 

8. Riau

 

Tahun 1950-an, ketika Riau belum berpisah dengan Kepulauan Riau, posisinya berada di wilayah tengah Sumatera. Pernah ada upaya separatis menyeret Riau ke dalam pemerintah revolusioner Republik Indonesia. Namun rakyat Riau malah berbalik mendukung operasi militer Indonesia. 

Tujuannya bukan semata-mata mempertahankan Riau dalam bingkai NKRI, tapi juga menjaga sumber daya alam agar tidak rusak. Memang saat Soeharto berkuasa, Riau dan masyarakatnya ibarat anak tiri. Kekayaan alam mereka habis dikuras, nyaris tidak dinikmati masyarakat. 

BACA JUGA:Tak hanya Menyehatkan, Kombucha juga Baik untuk Kecantikan Wajah, Begini Cara Buatnya

 

9. Maluku

 

Pada tahun 1950 muncul Republik Maluku Selatan (RMS) yang sudah memerdekakan diri pada tahun 1940. Kemudian diproklamasikan pada tahun 1950 oleh orang mantan prajurit KNIL dan masyarakat pro-Belanda. Pemberontakan RMS itu suatu gerakan yang ingin memisahkan dari Indonesia Timur dan membentuk negara sendiri dan terpisah dari wilayah Republik Indonesia Serikat (RIS).

RMS juga sudah memiliki website, bendera dengan lambang tersendiri. Hingga saat ini bendera RMS kadang masih berkibar di beberapa tempat di Maluku. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: