Iklan dempo dalam berita

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Selain Papua, Ternyata 9 Daerah Ini Pernah Ingin Merdeka dari Indonesia, Apa Ya Penyebabnya?

Sempat mencuat isu beberapa daerah yang ingin memisahkan diri dari Indonesia--

Mereka menyatakan, sejak 2000 kembali ke negara dan masyarakat Sumbar menyambut baik dan senang akan hal itu. Namun kesenangan itu diusik oleh pemerintah pusat dengan memaksakan negara di sana menjadi desa. Mereka meminta agar tidak memaksakan konsep itu karena konsep desa dan negara berbeda. Selain itu, negari diistimewakan layaknya di Jogjakarta. 

 

5. Kalimantan 

 

Isu Brunei Merdeka yang menjadikan Pulau Kalimantan membentuk negara sendiri mencakup Kalimantan Barat, Timur, Tengah, Selatan, Sabah, Sarawak, dan Brunei Darussalam. Dan sewaktu-waktu bisa muncul ke permukaan sehingga harus diwaspadai oleh semua pihak. 

Sempat muncul rasa kekecewaan terhadap pemerintah sehingga afa keinginan untuk memisahkan diri dari NKRI. Pemicunya adalah akumulasi karena menganggap program penjabaran pembangunan kurang berpihak kepada kepentingan masyarakat banyak. Apalagi, masyarakat di Kalimantan masih berkutat dengan kemiskinan dan keterbelakangan. 

BACA JUGA:Ganggu Manusia, Seperti Ini Tugas-tugas Jin, Termasuk Membujuk Manusia Hidup Boros

 

6. Papua Barat

 

Melalui Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang berdiri tahun 1965, mereka bertujuan memisahkan Papua Barat dan pemerintah Indonesia. OPM merasa tidak memiliki sejarah dengan bagian Indonesia yang lain. Penyatuan Papua dalam NKRI merupakan hasil perjanjian Belanda untuk menyerahkan wilayah bekas jajahannya ke Indonesia.

Namun, bagi OPM itu tidak ada bedanya dengan penyerahan penjajah ke penjajah lain. Hingga masa Perang Dunia 2, wilayah Papua masih terbagi menjadi dua kekuasaan Belanda dan Australia. 

Kedua negara tersebut kemudian melakukan perjanjian agar dua wilayah Papua ini disatukan dan merdeka. Namun kemudian presiden Amerika saat itu menulis perjanjian New York yang ditandatangani oleh Belanda, Indonesia, dan PBB. Saat ini muncul nama Negara Federal Republik Papua Barat. Mereka telah mengirimkan kepada presiden terkait dengan upaya rundingan mengakui sebuah negara di Papua. 

BACA JUGA:Sangat Elok! Rafflesia Kemumu Mekar Sempurna di Bengkulu Utara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: