Iklan dempo dalam berita

Rugi jika Hari Jumat Berlalu Begitu saja, Ini 9 Amalan di Hari Jumat

Rugi jika Hari Jumat Berlalu Begitu saja, Ini 9 Amalan di Hari Jumat

Berbagai amalan yang bisa dikerjakan di hari Jumat--

Imam Ghazali juga mengatakan, jaraknya dekatnya manusia melihat Allah SWT saat kiamat bergantung dari waktu datang sholat Jumat. Makin cepat datang maka semakin dekat jaraknya untuk melihat Tuhan.

7. Masuk masjid dengan kaki kanan 

Setelah sampai, sebaiknya segera masuk masjid dengan kaki kanan terlebih dulu. Ketika menuju masjid juga jangan lupa berdoa untuk berharap pahala dan ridha Allah SWT. dan setelah masuk masjid jangan lupa melafalkan niat I'tikaf, agar segala sesuatu yang baik yang kita kerjakan mendapatkan pahala yang berlipat. 

Nawaitu I’tikaafa fii hadzal masjid sunnatan lillahi ta’ala 

Artinya: "Saya niat itikaf di dalam masjid, sunnah karena Allah ta’ala".

8. Sholat Tahiyatul Masjid

Saat masuk masjid kita disunnahkan untuk sholat tahiyatul masjid. Sholat sunnah dua rakaat ini dilakukan sebelum kita duduk di masjid menunggu sholat Jumat, seperti tertulis dalam hadis. 

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يَجْلِ 

Artinya: "Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia sholat dua rakaat sebelum dia duduk." (HR Bukhari dan Muslim). 

Sholat sunnah tahiyatul masjid bisa dilakukan dalam bentuk sholat sunnah wudhu atau rawatib, asal dilakukan sebelum duduk. Ibadah ini tidak perlu diniatkan sendiri, karena tidak ada hadist khusus terkait Tahiyatul Masjid. Sholat sunnah ini adalah penamaan dari para ulama untuk menandai ibadah setelah masuk masjid.

BACA JUGA:Kerjakan Amalan Berikut, Hadiahnya Punya Tabungan Pohon di Surga

9. Diam dan fokus 

Ketika sudah berada di masjid sangat disarankan tidak banyak berbicara, tenang, dan memperbanyak doa serta berzikir. Bahkan kita dilarang untuk mengucapkan satu katapun ketika khatib telah naik mimbar untuk membacakan khutbah Jumat. Dan jika tetap ngobrol atau berkata, maka sholatnya akan menjadi sia-sia. Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. 

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ: (أَنْصِتْ) وَالْإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ 

Artinya: "Jika kamu berkata kepada temanmu, "Diamlah" sementara imam sedang berkhutbah di hari Jumat, sungguh ia telah berbuat sia-sia" (HR Bukhari dan Muslim).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: