Iklan dempo dalam berita

Hitler Nazi Wafat di Indonesia Benarkah? Cek Fakta Meninggal Dalam Bunker atau Serangan Jantung

Hitler Nazi Wafat di Indonesia Benarkah? Cek Fakta Meninggal Dalam Bunker atau Serangan Jantung

Misteri kematian Adolf Hitler, ada yang mengatakan meninggal dunia di Indonesia--

Setelah kematian Hitler dan berakhirnya Perang Dunia II, para sejarawan banyak sekali menghasilkan tulisan tentang perjalanan pemimpin Nazi tersebut. 

Namun, masih ada misteri di antara pertanyaan yang tersisa saat ini: Bagaimana Adolf Hitler meninggal dunia? Apakah ia benar-benar meninggal dunia di bunkernya, Führerbunker? Ini juga termasuk berbagai rahasia operasi militer dan intelijen masa perang.

Fakta modern yang beredar tentang kematian Hitler adalah ia bunuh diri menggunakan pistol di dalam Führerbunker pada 30 April 1945. Itu Hitler lakukan setelah merasa akan kalah dalam Pertempuran Berlin yang kemudian berujung pada usainya Perang Dunia II di Eropa.

Kematian Hitler dilaporkan secara resmi oleh sejarawan Inggris Hugh Trevor-Roper melalui bukunya, The Last Days of Hitler. Perwira badan intelijen Inggris itu ditugaskan pada Juni 1945 untuk mendokumentasikan hari-hari terakhir Hitler sebagai pembuktian bahwa sang diktator benar-benar telah mati di dalam bunker.

Akan tetapi, banyak kritikus berpendapat, memilih Trevor-Roper untuk pekerjaan itu adalah hal yang janggal. Ia memang dikenal sebagai spesialis sejarah Inggris abad ke-16 dan 17. 

BACA JUGA:Zaman Glowing, Ini 26 Cara Melenyapkan Jerawat Batu Paling Ampuh, Nomor 14 Mudah dan Gratis

Ia pun menjadi Profesor Regius di Universitas Oxford pada 1957–1980. Namun nyatanya, Trevor-Roper sendiri tidak mampu berbahasa Jerman. Ia menyelesaikan penelitiannya dalam waktu 10 hari dengan hanya mengandalkan ringkasan interogasi terhadap orang-orang yang diduga berada di bunker bersama Hitler pada pekan terakhir April 1945. 

Petugas intelijen Amerika-lah yang memberikan ringkasan tersebut. Trevor-Roper juga tidak memiliki akses ke tahanan Nazi yang disekap oleh Uni Soviet serta tidak jelas apakah ia berbicara dengan salah satu saksi yang diduga.

Di dunia yang penuh konspirasi, sederet kejanggalan tersebut banyak ditentang dan diganti dengan teori-teori yang mungkin tidak masuk akal. Misalnya, Adolf Hitler kabur dan hidup di Bulan bersama Michael Jackson. Itu hanya salah satu contoh konspirasi “konyol” kematian Hitler.

Indonesia sendiri memiliki teori konspirasi tentang kematian Hitler yang cukup populer, yakni terkait makam dr. G. A. Poch alias dr. Poch di Surabaya, Jawa Timur. 

Ia diketahui sebagai dokter tua asal Jerman yang bertugas di Kapal Rumah Sakit “Hope” di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat. Poch meninggal dunia pada usia 81 tahun, 15 Januari 1970 pukul 19.30 di Rumah Sakit Karang Menjangan akibat serangan jantung. Ia dikubur satu hari kemudian di Makam Ngagel Rejo.

Asumsi bahwa dr. Poch sebenarnya adalah Adolf Hitler semakin kuat ketika kapal selam U-Boat milik Nazi ditemukan di Karimunjawa, Jawa Tengah pada 2013 silam. Kisah dr. Poch juga ditulis oleh Sosrohusodo dan disebarluaskan ke media massa. 

Walau banyak orang percaya bahwa dr. Poch dan Hitler adalah satu orang yang sama, dokumentasi lain mengungkap perbedaan fitur wajah seperti dahi, rambut, dan telinga di antara keduanya.

BACA JUGA:Tidak Punya Agunan tapi Butuh Pinjaman, Ajukan KUR BRI Rp 100 Juta Tanpa Agunan

Hingga saat ini, belum ada peneliti maupun sejarawan Indonesia yang memiliki cukup bukti untuk sampai pada kesimpulan bahwa dr. Poch berkaitan dengan Adolf Hitler. Kemungkinan lainnya, teori konspirasi dr. Poch sama sekali tidak benar dan lebih baik ditinggalkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: