Iklan RBTV Dalam Berita

Desa Ini Berhasil Mengelola BUMDes dan Mensejahterakan Warganya dengan Berbagai Usaha

Desa Ini Berhasil Mengelola BUMDes dan Mensejahterakan Warganya dengan Berbagai Usaha

Bumdes Payang Sejahtera yang berhasil mengelola berbagai unit usaha--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes salah satu program pemerintah untuk mendorong kemajuan desa. Konsepnya sederhana, pemerintah menggelontorkan sejumlah anggaran, untuk kemudian dioleh desa dalam bentuk usaha.

Harapannya, dengan memiliki usaha bersama bisa mendorong kemajuan desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

Walaupun banyak yang belum berhasil, namun tidak sedikit pula BUMDes yang telah menikmati hasilnya. Salah satunya BUMDes Payang Sejahtera yang pernah menyabet penghargaan terbaik nasional.

BACA JUGA:Jangan Salah Apalagi Terseret Hukum, Seperti Ini Ketentuan Dana Desa Tahun 2023

BUMDes ini milik Desa Sungai Payang yang berada di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

Memanfaatkan potensi yang dimiliki desa, BUMDes ini berhasil memiliki pendapatan di atas rata-rata dan setara BUMDes berpenghasilan besar level nasional.

Padahal beberapa tahun yang lalu, desa ini masih berstatus desa tertinggal. Tidak banyak yang mengenal dan tahu keberadaan desa ini. 

Desa Sungai Payang memiliki luas 44 ribu hektar dengan jumlah penduduk mencapai 2.954 jiwa.

Meski tidak terpencil, namun akses menuju desa ini cukup jauh. Butuh waktu perjalanan darat sekira 2 jam dari Kota Tenggarong, ibukota Kabupaten Kutai Kartanegara. 

BACA JUGA:Penyayang dan Bijaksana, Pemilik 5 Tanggal Lahir Ini Selalu Dirindukan Keluarga

Desa Sungai Payang bisa berkembang dengan pesat berkat pengelolaan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang dilakukan secara profesional dan berkelanjutan.

Kepala Desa Sungai Payang sangat memahami betapa pentingnya keberadaan BUMDes demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Desa bersepakat membentuk BUMDes Payang Sejahtera.

Potensi ekonomi Desa Sungai Payang sangat besar karena berada di pusaran bisnis sumber daya alam dan perkebunan. Desa ini dikelilingi perusahaan tambang batubara, perkebunan kelapa sawit, dan kawasan hutan tanaman industri.

Hasilnya, omzet BUMDes ini dalam satu tahun mencapai miliaran rupiah, bahkan puluhan miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: