Iklan dempo dalam berita

Cari Tambahan Amal di Hari Senin dan Kamis, Tunaikan Puasa Sunnah, Berikut Keutamaannya

Cari Tambahan Amal di Hari Senin dan Kamis, Tunaikan Puasa Sunnah, Berikut Keutamaannya

Keutamaan menjalankan ibadah puasa senin kamis--

Sementara untuk setiap tahunnya, disetorkan pada malam Nisfu Sya’ban (Al-Bujairami, Hasyiyah al-Bujairami ‘Alal Khotib, juz 2, h. 116).   

3. Hari Senin dan Kamis adalah hari dibukanya pintu surga   

Senin dan Kamis juga hari saat Allah SWT membuka pintu surga. Hal ini sebagaimana disabdakan Rasulullah saw. yang artinya: “Sesungguhnya pintu-pintu surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Semua dosa hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu akan diampuni, kecuali bagi orang yang antara dia dan saudaranya terdapat kebencian dan perpecahan." (HR Muslim, No. 4652)   

4. Hari kelahiran dan kewafatan Rasulullah   

Hari Senin juga menjadi momentum kelahiran sekaligus kewafatan Rasulullah. Pun wahyu kepadanya juga diturunkan di hari tersebut. Dalam satu hadits dijelaskan:  “Nabi ditanya soal puasa pada hari Senin, beliau menjawab, ‘Pada hari itu aku dilahirkan dan wahyu diturunkan kepadaku” (HR Muslim: 1162).   

Menurut sejarawan Safyurrahman al-Mubarakfuri dalam kitab Rahiq al-Makhtum, Nabi lahir pada hari Senin, tanggal 9 Rabiul Awal. Menurut para pakar, kelahiran Rasulullah bertepatan dengan tanggal 20 atau 22 April tahun 571 M, sebagaimana hasil analisis ulama besar bernama Muhammad bin Sulaliman al-Manshurfuri dan seorang astrolog (ahli ilmu falak) bernama Mahmud Pasha. Nabi pun wafat pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal 632 M. 

BACA JUGA:Ada SE Mendagri, 40 Persen Dana Pilkada Seluma Belum Cair

Puasa Senin Kamis memiliki beberapa keutamaan. Salah satunya dapat menjadi sarana untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT selama tidak lupa mengawali amalannya dengan bacaan niat.

Ditambah lagi, Rasulullah SAW dalam haditsnya pernah menyebutkan bahwa orang yang berpuasa sampai berbuka termasuk dalam golongan orang yang doanya tidak tertolak. Rasulullah SAW bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: "Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil, dan doanya orang yang terzalimi." (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

Sebelum melaksanakan sebuah ibadah, muslim dianjurkan untuk mengawalinya dengan niat. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadits dijelaskan, "Segala amalan itu menurut niatnya dan setiap manusia memperoleh apa yang ia niatkan." (HR Bukhari)

BACA JUGA:Tidak hanya Sekadar Sayur, Ternyata Urap Punya Segudang Manfaat

Niat Puasa Senin Kamis untuk Meminta Sesuatu

Diambil dari buku Fikih Madrasah Tsanawiyah Kelas VIII yang disusun oleh H. Ahmad Ahyar dan Ahmad Najibullah, niat puasa Senin Kamis berbeda dengan niat puasa wajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: