Iklan dempo dalam berita

Atasi Krisis Air Bersih, Kodim 0425/Seluma Bangun Sistem Pipanisasi di Lubuk Sandi

Atasi Krisis Air Bersih, Kodim 0425/Seluma Bangun Sistem Pipanisasi di Lubuk Sandi

TNI di Kabupaten Seluma bantu warga atasi kekeringan dampak el nino--

SELUMA, RBTVCAMKOHA.COM - Krisis air bersih dampak El Nino masih melanda sebagian besar masyarakat di Kabupaten Seluma.

Menanggulangi krisis air tersebut, Kodim 0425/Seluma menjalankan program unggulan Mabes TNI AD tentang TNI Manunggal Air dengan membangun tempat sumber air melalui sistem pipanisasi di Desa Dusun Tengah, Kecamatan Lubuk Sandi.

Hal ini diungkapkan Dandim 0425/Seluma Letkol. Arh. Dedy Hendaryatmoko, saat melakukan peninjauan untuk kedua kalinya di Desa Dusun Tengah pada Selasa (31/10), sekitar pukul 08.00 WIB.

BACA JUGA:Pemilik Motor Vario 125 Jangan Salah Beli, Ini 7 Rekomendasi Oli yang Cocok untuk Motormu

Peninjauan kali ini dilakukan Dandim, setelah 2 bulan lalu melakukan survei dengan melibatkan tim dari Pal Kostrad.

"Ini kita tinjau kembali setelah 2 bulan lalu kita survei, rencana kita lokasi sumber mata air kita bendung sebelum nantinya kita pasang pipa sampai ke tedmon penampungan air berkapasitas 5 ribu liter," terang Letkol. Arh. Dedy Hendaryatmoko.

Lanjutnya, karena sumber mata air debitnya menyusut, pihaknya bersama masyarakat setempat akan membendung sumber mata air, supaya air dapat masuk ke dalam pipa yang dipasang hingga ke tempat penampungan nantinya.

BACA JUGA:Pakai e-AWU, Laporkan Setiap Pejabat yang Terindikasi Korupsi

"Karena debit air menyusut karena puncak El Nino ini maka kita bendung sumber air supaya airnya bisa masuk ke dalam pipa sepanjang 850 meter hingga ke tempat penampungan di dekat pemukiman warga," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Desa Dusun Tengah Israwan didampingi Kades Dusun Tengah yang baru dilantik Jerry Indriawan mengatakan dengan adanya program TNI Manunggal Air di desanya, setidaknya dapat meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

"Kami sangat bersyukur dengan adanya program TNI Manunggal Air ini, karena krisis air bersih memang sangat dirasakan masyarakat kami yang berada di daerah perbukitan ini yang berjumlah 300 KK ini," ucap Israwan.

BACA JUGA:Bukan Sembarang Jamu, Ini 9 Manfaat Beras Kencur Bisa Mencegah Kanker hingga Meningkatkan Kesuburan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: