Iklan dempo dalam berita

Hai Vario Lovers, Ini Cara Periksa dan Ganti Oli Honda Vario 125 Kesayanganmu

Hai Vario Lovers, Ini Cara Periksa dan Ganti Oli Honda Vario 125 Kesayanganmu

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Oli atau pelumas, menjadi bagian penting untuk mesin motor, berlaku juga bagi motor matic. Jarang mengganti oli, bisa mengakibatkan mesin motor matic rusak. Oli yang tidak pernah diganti dalam kurun waktu tertentu akan menjadi jenuh dan cenderung berwarna hitam pekat. 

BACA JUGA:Praktek Langsung di Lapangan Astra Motor Bengkulu Gandeng SMK Binaan Untuk Service Kunjung

Oli jenuh tersebut, berpotensi menimbulkan kerak sehingga merusak mesin motor matic. Paling parah, mesin akan mati mendadak saat digunakan berkendara di jalan raya.

Rutin mengganti oli bisa menjadi cara paling mudah untuk merawat motor matic. Pemiliknya hanya perlu datang ke bengkel terdekat (disarankan sesuai dengan pabrikan motor matic). Biasanya pekerja dari bengkel akan merekomendasikan oli yang cocok. 

BACA JUGA:Jangan Tergiur Harga Murah di Pasaran, Ini 5 Cara Bedakan Oli Matic Asli dan Palsu

Meski tergolong mudah, masih ada saja pemilik motor matic yang lupa mengganti oli. Padahal periode waktunya sudah terlewat jauh. Hal seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya rutinitas hariannya yang sibuk. Meski begitu, oli motor matic tetap harus diganti.

Berdasarkan dari beberapa sumber terakurat, Honda merekomendasikan penggunaan oli mesin dengan kapasitas 0.8 liter untuk Vario 125. Menggunakan oli dengan ukuran ini akan memastikan kualitas pelumasan yang optimal untuk seluruh komponen yang bergerak dalam mesin. 

Pastikan untuk mengganti oli secara berkala sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan, agar mesin Anda selalu dalam kondisi terbaik.

BACA JUGA:8 Jenis Oli Matic yang Dianjurkan Untuk Honda vario 125 Kesayangan Bikers

Tak hanya ukuran oli mesin, viskositas oli juga perlu diperhatikan. Viskoasitas mengacu pada ketebalan oli dalam berbagai kondisi suhu. Untuk Vario 125, viskositas oli yang direkomendasikan adalah 10W-30. 

Hal ini memastikan pelumas yang optimal di berbagai keadaan suhu, baik pada cuaca panas maupun dingin.

Honda Vario 125 adalah sepeda motor skuter matik yang sangat populer di Indonesia. Dikenal dengan desain yang stylish dan performa yang tangguh, Vario 125 menjadi pilihan favorit bagi banyak pemilik sepeda motor. 

Ditenagai oleh mesin 125cc, Vario 125 menawarkan akselerasi yang responsif dan efisiensi bahan bakar yang baik.

BACA JUGA:Efek Telat Ganti Oli Mesin Matic, Motor Mati Total

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: